Wednesday, November 11, 2009

HONGKONG SUPER SERIES 2009; TURNAMEN AKHIR TAHUN YANG BERTABUR BINTANG

Hongkong Super Series 2009 yang berlangsung sejak  9-15 November 2009 merupakan salah satu turnamen akhir tahun yang penuh bintang. Pemain-pemain Top dunia berlaga di turnamen ini. China mengeluarkan kekuatanya secara penuh, meski di ganda putra pasangan terkuat China mundur dari turnamen ini, akan tetapi Lin Dan merupakan daya tarik tersendiri di sektor tunggal putra. Sementara itu Korea Selatan yang sering kali absen di beberapa turnamen, kali ini juga memastikan diri menurunkan pemain-pemain kuatnya . Di Sektor tunggal putra Park Sung Hwan yang sering kali juga merepotkan pemain-pemain Indonesia, juga turut berlaga di turnamen ini menjadi unggulan ke 6. Sementara ganda putra Jung Jae Sung/Lee Yong Dae juga memastikan diri di turnamen ini.  Pasangan ganda putra terkuat Korea tersebut seringkali mempecundangi ganda terkuat Indonesia Markis Kido/Hendra Setiawan. Sementara di sektor ganda campuran Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung juga turut ambil bagian di turnamen ini. Pasangan ganda campuran Korea tersebut terkenal memiliki stamina yang kuat, terutama Lee Yong Dae, meski bermain rangkap di nomor ganda putra dan ganda campuran, akan tetapi memiliki stamina yang bagus.

Sementara itu Lee Chong Wei (MAS) yang merupakan unggulan 1 juga turut ambil bagian di turnamen ini setelah di turnamen Denmark Super Series dan Prancis Super Series absen. Kehadiran Chong Wei tentu saja menambah semarak pertandingan ini, mengingat pemain-pemain kelas dunia hampir seluruhnya bermain, termasuk juga tunggal putra Indonesia non pelatnas Taufik Hidayat yang juga turut hadir di turnamen ini sebagai unggulan ke 5. Meski stamina dan pola permainan Taufik sudah menurun tajam, akan tetapi Taufik masih merupakan daya tarik tersendiri di turnamen ini.

Dinomor ganda campuran, Indonesia juga mengirimkan Nova Widianto/Lilyana Natsir yang akan segera di pisahkan pasca turnamen HOngkong Super Series. Namun demikian, keduanya tetap menjadi harapan Indonesia untuk meraih gelar.  Di nomor tunggal putri, Maria Kristin Yulianti yang selama ini banyak di dera cedera, juga turut ambil bagian, meski saat ini Maria ranking dunianya terlempar cukup jauh ke posisi 76  akibat jarang bermain, namun di peringkat super series sendiri  Maria berada di ranking 57 minggu ini.

Dari drawing yang ada, pemain-pemain Indonesia sudah harus saling bunuh di babak awal, terutama di nomor ganda putra dan ganda campuran.  Bahkan di nomor ganda campuran, seluruh pemain Indonesia berada di satu pul, sehingga kesempatan untuk terjadi All Indonesian Final tidak pernah ada, sementara di nomor ganda putra, masih bernasib lebih baik, karena ada di dua pul, yaitu pul atas dan pul bawah masing-masing mewakilkan wakilnya.

Di hari pertama, pasangan ganda campuran Devin Lahardi/Lita Nurlita langsung terjungkal dari pasangan ganda campuran Chen Hung Ling/Chou Chia Chi (TPE) dengan skor tipis 21-23 dan 20-22. Sedangkan Nova/Lilyana melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan Chen Zhiben/Zhao Yunlei (CHN) dengan 21-17 dan 21-12.  Sementara itu nomor ganda campuran lainya, Hendra A GUnawan/Vita Marissa akan berhadapan dengan Frans Kurniawan/PIa Zebadiah di babak kedua. Jadwal pertandingan hari ini adalah mempertandingkan nomor ganda putra, ganda putri, tunggal putra dan tunggal putri.

No comments:

Post a Comment