Thursday, July 23, 2009

MEMBUKA CAKRAWALA DUNIA DENGAN INTERNET

Buka matamu dengan internet! Melalui situs berita kita akan mendapatkan berita yang kita cari bahkan sesaat setelah kejadian atau apapun yang belum masuk di Koran atau televisi sekalipun, di Internet berita tersebut cepat sekali tersebar. Jadi gak salah kalau internet juga gerbangnya membuka dunia.

Bercerita mengenai pengalaman pertama saat berselancar dengan internet sungguh luar biasa. Yang tadinya dari gaptek hingga seperti sekarang menjadi lebih mengenal dunia melalui internet. Saat pertama kali kenal internet sekitar tahun 1998 masih dengan fasilitas dial up yang tentu saja sangat mengganggu aktivitas telepon yang sedang digunakan.  Pengalamanku dengan internet saat pertama tidak lebih dan tidak kurang adalah digunakan untuk kerjaan yang menggunakan fasilitas internet untuk mengirim email. Senang tapi gaptek juga karena aku harus belajar secara otodidak untuk bisa langsung berselancar dengan internet. Namun aktivitas tersebut aku manfaatkan sekali untuk belajar sambil bekerja yang berbuah pada pembelajaran diri sendiri untuk mengenal internet lebih jauh.

Tidak hanya itu sembari bekerja lambat laun mulailah mencuri-curi waktu kerja, tidak hanya sekedar kirim email yang menjadi rutinitas, namun lebih dari itu mulailah membuat account Yahoo Messanger. Nah ini dia, kenapa mesti Yahoo Messanger alias YM?. Ya karena dengan YM kita bisa chating, berselancar ria berhaha hihi di room. Itulah alas an utama kenapa harus membuat account di Yahoo. Singkat kata dari chating itulah aku akhirnya mendapatkan banyak teman melalui YM. Dari berhaha hihi di room yahoo, tersebutlah apa yang di namakan kopi darat alias kopdar. Saat kopi darat  kita bisa melihat dan bertatap muka secara langsung dengan teman-teman yang kita kenal melalui chating. Lucu dan gak disangka, karena karakter orang-orang yang di chatingan itu memang unik-unik, ada yang kalau di chating bercuap-cuap ria seolah-olah banyak wawasannya, namun ketika bertemu diam seribu bahasa dan tidak nyambung sama sekali, ada juga yang di chatingan jaimnya luar biasa tapi kalau pas kopdar justru ramai karenanya. Seru banget.

Stop disini? Tidak. Setelah kopdar pertama, biasanya ada kopdar-kopdar lainnya. Dan yang lebih unik tentu saja dari situlah kita bisa mendapatkan teman, tidak hanya sekedar teman numpang lewat akan tetapi menjadi teman yang sampai sekarang pun masih suka nyapa. Bahkan jodohpun didapat dari internet.

Trus kenapa juga sih mesti harus chating untuk ngedapetin temen, toh di dunia nyata juga kita bisa berkenalan dengan orang? Nah ini dia, yang perlu di jawab. Dari chating kita bisa mengenal orang itu lintas Negara. Enaknya kita bisa kenal dengan mereka, atau dengan orang Indonesia yang mungkin lagi diluar negeri dan nongkrong di room lantas kenal dan dapat menjadi teman saat pulang ke Indonesia. Itulah salah satu kehebatan dari internet, kita dapat mengenal orang lintas Negara, lintas benua.

Pengalaman Ngeblog?

Berselancar di internet tidak hanya saya gunakan untuk chating ria berhaha hihi belaka. Meningkat dari chating, mulai lah menuangkan perasaan, menuangkan roman-roman murahan yang terbuka dari lubuk hati dalam sebuah blog. Wah awal ngeblog itu berat banget. Kenapa, gak yakin banget deh kalau blog kita dibaca orang atau enggak. Pertama kali ngeblog yang berisi curahan isi hati saya buat di situs pertemanan friendster. Namun, penulis sendiri tidak yakin kalau blog yang aku bikin dibaca orang. Akhirnya pindah ke fasilitas blog gratisan ‘blogspot’ dengan masih menggunakan format isi hati sebagai isi tulisan. Wah gak seru banget tuh, apa iya sih bisa terbaca oleh orang-orang? Akhirnya aku menemukan ide barangkali saja bisa dibaca orang, akhirnya aku menuliskan tentang koleksi film, tentang film Saur Sepuh. Aku posting selesai, dan pertama kali aku kenalkan pada seorang temanku untuk dibaca. Wah tanggepannya sih katanya bagus tulisannya. Singkat cerita dari blogspot, blog penulis dipindahkan ke wordpress yang konon lebih bagus.

Nah disinilah titik balik penulis menemukan keasyikan tersendiri dengan internet. Melalui tulisan tentang Saur Sepuh, sebuah Sandiwara Radio yang terkenal tahun 80an, mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para pengunjung blog.  Akhirnya semakin banyak komentar yang masuk, semakin memacu diri untuk dapat menulis dan menulis lagi. Kali ini tulisan-tulisan yang tertuang tidak lagi curahan isi hati, akan tetapi lebih berbobot menurut aku sendiri. Kali ini ada nilai lebih yang akan diperoleh oleh pengunjung blog melalui tulisan-tulisan yang penulis tuangkan. Semakin banyak komentar masuk, semakin terpacu pula adrenalinku untuk membuat tulisan yang lebih di cari melalui situs pencarian seperti Google dan bermanfaat bagi pengunjung.

Memang blog yang aku tulis tidak fokus pada satu bidang saja, akan tetapi melebar ke olahraga Bulutangkis yang mempunyai porsi utama di blog ini. Lantas biasanya aku akan menuliskan laporan hasil pertandingan baik melalui pengamatan langsung maupun cukup dengan mengikuti live score di tournamentsofware.com, yang langsung dituangkan dalam tulisan dan diposting. Menjadi kebanggaan tersendiri ketika postinganku lebih dulu dibaca pengunjung dibanding situs berita terkenal seperti detik.com yang ternyata setelah penulis cek, beritanya belum muncul disana.

Ngeblong menjadikan pengalaman yang tidak ternilai dan membuka wawasanku kian lebar karena untuk menuangkan sesuatu dalam tulisan juga membutuhkan referensi yang didapat dari internet. Pengetahuan sudah pasti menambah, dan kita tidak gagap ketika berhadapan dengan orang. Internet selalu membuka cakrawala dunia baru yang mampu membawa kita untuk berkesempatan menjadi orang pertama untuk mengetahui sumber berita.

Tidak hanya itu, manfaat dari internet juga dapat kita rasakan ketika kita butuh referensi yang sudah didapat di perpustakaan umum sekalipun. Kemudahan yang di peroleh melalui internet membuat kita dengan mudah menggunakan kata kunci untuk mencari bahan referensi yang kita butuhkan.

Disamping manfaat yang diperoleh dari internet, negatifnya internet pun ada, namun demikian kita ambil positifnya dan buang negatifnya. Karena itu jangan pernah lepas dari internet. Karena internet membuka cakrawala dunia membawa menuju gerbang informasi yang tak terhingga

No comments:

Post a Comment