Saturday, October 31, 2009

PRANCIS SUPER SERIES 2009; FIRDA GAGAL, INDONESIA DI KEPUNG CHINA

Satu-satunya wakil Indonesia di tunggal putri Adriyanti Firdasari gagal melangkah ke semifinal setelah di tundukkan Yao Jie (NED) dengan rubber set di turnamen Prancis Super Series 2009. Sebenarnya kedudukan kedua pemain cukup berimbang, hanya saja faktor lucky berada di tangan Yao, sehingga Firda gagal melangkah ke semifinal. Di set pertama dengan penuh percaya diri Firda mampu memimpin perolehan angka hingga berhasil merebut set pertama denga21-18. Memasuki set kedua Yao Jie berhasil memaksakan rubber set dengan 19-21. Memasuki set penentuan meski sempat memimpin perolehan angka, akan tetapi Firda akhirnya terkejar dan kembali takluk dengan 15-21 sekaligus memupus harapan Indonesia untuk mewakilkan Firda di semifinal.

Kegagalan serupa juga diraih pasangan ganda putra M. Ahsan/Bona Septono. Pasangan ganda putra yang diharapkan mampu menggantikan seniornya Markis Kido/Hendra Setiawan tersebut takluk dari Mathias Boe/Cartsen Mogensen(DEN) dengan rubber set. 21-18, 12-21 dan 15-21.

Namun demikian, Indonesia masih mewakilkan wakilnya di beberapa nomor. Namun pemain-pemain Indonesi yang berhasil lolos ke semifinal sudah di kepung pemain China. China mendominasi di semua nomor, nama besar China agaknya menjadi kunci kemenangan mereka. Di nomor tunggal putra, pemain Indonesia non pelatnas Taufik Hidayat meski harus terseok di perempat final, namun mampu meraih kemenangan atas Chen Long (CHN) dengan 22-20 dan 21-15. Lawan Taufik berikutnya di semifinal adalah pemain veteran Denmark Peter Heog Gade yang di perempat final berhasil menekuk Bao Chun Lai(CHN). Kans Taufik untuk bertemu Lin Dan di final masih terbuka lebar.

Di nomor ganda putri, pasangan Nitya Krishinda Maheswari/Greysa Polii juga melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Lena Frier Kristiansen/Kamilla Rytter Juhl (DEN) dengan skor ketat 21-19, 18-21 dan 22-20. Namun sayang sekali di semifinal, pasangan Indonesia di tantang Ma Jin/Wang Xiaoli (CHN) yang diatas kertas mampu mengatasi permainan Nitya/Greys.  Sedangkan di nomor ganda putra, Indonesia masih memiliki satu wakilnya Markis Kido/Hendra Setiawan. Markis/Hendra melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Moh Zakry Abdul Latief/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari (MAS) dengan mudah. Markis/Hendra menekuk pemain Malaysia dengan 21-11 dan 21-17. Lawan Markis/Hendra di semifinal adalah Sun Junjie/Tao Jiaming(CHN).

Sementara itu di nomor ganda campuran, Indonesia berpeluang menciptakan All Indonesian final, setelah di semifinal Indonesia mewakilkan dua wakilnya. Namun demikian, ini bukan perkara yang mudah karena lawan keduanya di semifinal adalah pemain-pemain kuat China. Nova Widianto/Lilyana Natsir di semifinal harus bertemu dengan musuh bebuyutannya He Hanbin/Yu Yang (CHN). sedangkan Hendra A Gunawan/Vita Marissa yang juga berhasil melangkah ke semifinal juga harus berhadapan dengan pemain China lainnya Tao Jiaming/Zhang Yawen.

No comments:

Post a Comment