Monday, October 26, 2009

DENMARK SUPER SERIES 2009; SIMON SANTOSO JUARA

Simon Santoso menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil melangkah ke final turnamen Denmark Super Series 2009 bahkan menjadi satu-satunya penyelamat muka Indonesia setelah menjadi juara di turnamen ini. Meski kekuatan yang turun di Denmark Super Series khususnya dari China tidak penuh bahkan Koreapun tidak menurunkan wakilnya, akan tetapi hal ini tidak berhasil dimanfaatkan oleh pemain-pemain Indonesia.

Nova Widianto/Lilyana Natsir bahkan harus tersingkir di perempat final. Kegagalan demi kegagalan yang di raih oleh pemain Indonesia sedikit banyak mempengaruhi semangat penulis untuk menuliskan apa yang terjadi di turnamen bulutangkis. Di beberapa turnamen terakhir, bahkan penulis sendiri tidak antusias untuk mengikuti setiap turnamen, mengingat minimnya perolehan prestasi Indonesia. Meski tiap hari memantau turnamen yang sedang berlangsung, hal ini belum mampu mendongkrak semangat penulis untuk kembali menulis berita bulutangkis.

Memang kegagalan demi kegagalan para pemain Indonesia sedikit banyak membuat kecewa penulis yang merupakan penggemar bulutangkis tanah air. Akan tetapi penulis harus berpikir lebih jernih bahwa inilah yang terbaik dari pemain-pemain Indonesia. Harapannya semoga dibawah kepemimpinan Joko Santoso, bulutangkis Indonesia dalam tahun-tahun mendatang akan semakin terdongkrak dan meningkat. Regenerasi yang baik dan hubungan yang harmonis antara pemain dan pelatih serta pengurus menjadi kunci utama bagi kemajuan bulutangkis nasional.

Melihat sepak terjang pemain Indonesia di turnamen Denmark Super Series, di nomor tunggal putri, Firdasari terhenti di perempat final setelah di kalahkan oleh Tine Rassmusen (DEN) yang pada akhirnya juga menjadi juara di turnamen ini setelah mengalahkan Wang Yihan (CHN) dengan rubber set. Firda yang di prediksi mampu ke final, akhirnya harus terhenti. Sementara itu di nomor ganda campuran Nova Widianto/Lilyana Natsir gagal di perempat final dari pasangan baru China Tao Jiaming/Zhang Yawen yang akhirnya ditumbangkan pasangan tuan rumah di perempat final melalui Joachim Perrson/Christina Pederson.

Di ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan yang merupakan unggulan 1 juga harus menyerah dari tangan pemain tuan rumah Mathias Boe/Cartsen Mogensen dengan cukup mudah 6-21 dan 19-21. Kekalahan cukup menyakitkan juga diraih Sony Dwi Kuncoro setelah harus menyerah dari pemain non unggulan Marc Zwiebler (GER) dengan rubber set. Dilihat dari perjalanan Sony dari babak awal, memang tergolong tidak mulus. Dibabak pertama ia harus berjibaku untuk dapat mengalahkan Dicky Palyama (NED) setelah dipaksa bermain tiga set. Sedangkan babak kedua dan perempat final kemenangan Sony cukup mudah. Sayang sekali di semifinal harus tumbang dari pemain German dengan 10-21, 21-16 dan 15-21.

Berbeda dengan Sony, perjalanan Simon Santoso yang akhirnya menjadi juara tergolong mulus di turnamen ini. Simon tidak kehilangan satu set pun. Ketika memasuki babak Final, Simon dengan penuh percaya diri berhasil mengalahkan debut Marc Zwiebler dengan membungkamnya secara mudah. Simon menjadi juara setelah mengalahkan Marck dengan 21-14 dan 21-6 sekaligus mengobati kerinduan Indonesia akan raihan juara.

Turnamen berikutnya yang akan di ikuti oleh pemain-pemain Indonesia adalah Prancis Super Series yang akan berlangsung 27 Oktober 2009 sampai dengan 1 November 2009. Diturnamen Prancis Super Series akan lebih besar tantangannya karena dari seeding yang ada, China menurunkan kekuatannya secara penuh. Semoga saja Indonesia mampu meraih gelar di turnamen Prancis Super Series.

No comments:

Post a Comment