Tuesday, February 23, 2010

KUALIFIKASI THOMAS & UBER CUP ZONA ASIA; TIM INDONESIA TAKLUKKAN LAWAN PERTAMA



Kualifikasi Thomas dan Uber Cup yang berlangsung sejak 22 Februari 2010 hingga 28 Februari 2010 zona Asia yang berlangsung di Nahonratchasima Sport Complex Thailand sudah di mulai. Tim Thomas Indonesia berada di Group A bersama Singapura dan Vietnam. Sementara untuk Tim Uber Indonesia berada di group X yang cukup berat bersama Korea Selatan, Singapura, Sri Lanka dan tuan rumah Thailand.

Mengawali hari Pertama, lawan Indonesia untuk tim Thomas dan Uber adalah Singapura. Di bagian Thomas Cup, Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1 atas Singapura. Satu-satunya nomor yang gagal adalah nomor ganda putra yang mempertandingkan Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki atas lawannya Hendri Kurniawan Saputra/Hendra Wijaya.

Kemenangan Pertama di persembahkan oleh tunggal putra pertama Indonesia yang kini bermain secara profesional Taufik Hidayat.  Taufik berhasil mengatasi Wong Ziliang Derek dengan 21-10 dan 21-18.  Selanjutnya adalah Ganda Putra Pertama Indonesia yang harus takluk atas pasangan Singapura. Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki yang harus mengakui keunggulan Hendri Kurniawan Saputra/Hendra Wijaya dengan 19-21 dan 18-21, sekaligus menyamakan kedudukan 1-1.  Partai selanjutnya adalah tunggal kedua yang mempertandingkan Sony Dwi Kuncoro vs Chen Yongzhao Ashto. Sony tanpa kesulitan melibas permainan Chen dengan 21-9 dan 21-12 sekaligus memimpin pertandingan dengan 2-1 atas Singapura. Memasuki partai ke empat, Indonesia menurunkan pemain yang baru di pasangkan Alvent Yulianto Chandra/M. Ahsan. Alvent yang kini bermain secara profesional berpasangan dengan Hendra A Gunawan, ikut memperkuat Tim Thomas Indonesia setelah di panggil oleh pelatnas untuk memperkuat Indonesia. Alvent/Ahsan menang atas Yeo Zhao Jiang Terry/Tang Lew Yoo Jonathan dengan 21-3 dan 21-19 sekaligus menjadikan Indonesia memimpin dengan 3-1 atas Singapura. Dan di partai terakhir, tunggal ke 3 Indonesia Simon Santoso juga mempersembahkan kemenangan atas Hoo Ying Chong Kelvin dengan 21-5 dan 21-6.  Pertandingan selunjutnya untuk Tim Thomas akan berlangsung hari Rabu pukul 5.30 pm waktu setempat melawan Vietnam.

Di bagian Putri, Tim Uber Indonesia juga menang tipis atas Singapura dengan skor 3-1.  Di Partai pembuka, tunggal pertama Indonesia Adriyanti Firdasari gagal mempersembahkan kemenangan setelah harus di paksa menyerah atas Zhang Beiwen dengan skor ketat 27-29 dan 20-22 sekaligus menyebabkan Indonesia ketinggalan 0-1 atas Singapura. Di partai selanjutnya, ganda putri pertama, Greysa Polii/Nitya Krishinda Maheswari membukukan kemenangan atas Yao Lei/Sari Shinta Mulia dengan 21-15 dan 21-16. Indonesia pun berhasil menyamakan kedudukan 1-1, namum memasuki partai ketiga, tunggal putri kedua Indonesia Maria Febe Kusumastuti asal Klub Djarum gagal mempersembahkan kemenangan setelah di taklukkan Xing Aiying dengan 14-21 dan 19-21, sehingga menyebabkan Indonesia harus ketinggalan 1-2 atas Singapura. Kekalahan ini tentu saja menyebabkan Indonesia harus berjuang lebih keras lagi agar lolos dari hadangan Singapura. Partai Ke 4 dan kelima akhirnya menjadi milik Indonesia setelah di nomor ganda putri Indonesia Shendy Puspa Irawati/Lilyana Natsir mempersembahkan kemenangan setelah mengalahkan Liu Fan Frances/Neo Yu Yan Vanessa dengan 21-15 dan 21-12. Di partai Terakhir, Maria Kristin Yulianti juga memberikan poin setelah mengalahkan Fu Mingtian dengan 21-4 dan 21-9.

Langkah tim Uber sedikit lebih berat untuk dapat lolos ke final piala Uber di Kualalumpur Mei mendatang setelah berada satu group dengan Korea Selatan. Pertandingan berikutnya akan berlangsung hari Rabu pukul 5.30 waktu setempat. Lawan tim Uber selanjutnya adalah Sri Lanka yang di hari pertama dikalahkan Korea Selatan dengan skor 0-5. Menghadapi Sri Lanka, seharusnya tim Uber Indonesia mampu menyapu bersih dengan menang 5-0 atas Sri Lanka jika ingin lolos dengan mudah ke final Uber Cup. Semoga saja putra-putri Indonesia akan mampu berbicara lebih banyak lagi untuk dapat mengembalikan lambang supremasi bulutangkis beregu putra dan putri.

No comments:

Post a Comment