Tuesday, March 1, 2011

SOEKARNO M NOOR DALAM FILM SI GONDRONG


JUDUL FILM        : SI GONDRONG

SUTRADARA       : FRITZ G SCHADT

PRODUKSI           : DJAJA SPOT EASTMANCOLOR

CERITA                  : ALI SHAHAB

PRODUSER          : R KISHORE

TAHUN PROD    : 1971

JENIS                     : FILM DRAMA SILAT

PEMAIN               : FAROUK AFERO, RAHAYU EFFENDI, MILA KARMILA, SOEKARNO M NOOR, MANSURSYAH, RADEN MOCHTAR

SINOPSIS :

Bang Rombeng (Soekarno M Noor) Jagoan dari betawi selalu memeras rakyat kecil dengan meminta upeti. Dalam mejalankan aksi Bang Rombeng di bantu oleh anak buahnya Bang Codet dan Lainya. Siapa saja yang dilewati ia palak untuk di mintain upetinya. Suatu hari ketika Bang Rombeng dan Codet sedang memalak warga, ada seorang warga yang tidak mau ngasih upeti. Ujung-ujungnya Bang Rombeng marah dan menganggap bahwa ia melawan. Ditengah perkelahian Bang Rombeng dan warga tersebut datanglah seorang pemuda lusuh yang ikut membantu warga tersebut hingga Bang Rombeng harus mengaku kalah. Pemuda Tersebut akhirnya di kenal dengan nama Si Gondrong (Farouk Afero).

Kekalahan Bang Rombeng atas Si Gondrong menjadi buah bibir warga-warga kampung. Hingga banyak warga yang meminta bantuan pada Si Gondrong untuk memberi pengamanan dengan imbalan tertentu. Si Gondrong pun menjadi di segani disetiap kampung, termasuk Bang Rombeng yang masih menyimpan dendam.

Adalah Mimin (Rahayu Efendi) seorang perempuan pelacur yang berhasil mencuri perhatian Gondrong. Keduanya pun akhirnya memadu kasih. Rayuan Mimin berhasil membuat Gondrong menjadi takluk padanya. Namun sayang sekali, disaat Gondrong sedang tidak ada, Mimin juga menerima tamu lain. Hal ini membuat Gondrong marah pada Mimin.

Selepas dari Mimin, Gondrong berkenalan dengan Fatimah (Mila Karmila) seorang gadis cantik yang pandai mengaji. Fatimah pula yang membuat hati Bang Rombeng jatuh hati padanya. Namun sayang Sekali Fatimah tidak mau menerimanya. Gondrong jatuh hati. Kejujuran Gondrong yang tidak bisa solat membuat ayah Fatimah bersimpati. Iapun diajari sholat dan mengaji.

Sementara itu, Mimin yang sudah dijauhi oleh Gondrong menjadi marah dan kecewa. Dengan pikirannya yang nakal ia berhasil menjerat kembali Bang Rombeng di pangkuannya. Dengan rayuan dan tipu dayanya, akhirnya bang Rombeng berhasil di perdaya. Mimin mengadu domba pada Bang Rombeng agar ia menculik pacar Si Gondrong yang merupakan orang yang pernah ia sukai, yaitu fatimah. Akhirnya untuk memuluskan aksinya, Bang Rombeng menyuruh anak buahnya untuk menculik Fatimah ketika sedang berjalan dengan Ujang.

Atas pemberitahuan Ujang, maka Si Gondrong tahu kalau Fatimah di culik. Walau tidak menyebutkan siapa penculiknya, namun Gondrong sudah tau siapa penculiknya. Maka segera ia mencari Fatimah. Di tempat penculikan, Fatimah di ikat oleh Rombeng. Mimin yang cemburu berat terhadap Fatimah berusaha untuk menghabisi Fatimah dengan pisaunya. Namun sayang aksi Mimin di ketahui oleh Bang Rombeng Hingga akhirnya Miminlah yang terbunuh.

Sementara itu Gondrong berhasil menemukan keberadaan Bang Rombeng dan Fatimah. Gondrong membebaskan Fatimah, sementara Bang Rombeng dan Gondrong terjadi adu perkelahian.

*****

Film produksi 1971 ini merupakan salah satu film jadul yang patut untuk di tonton bagi para penggemar film.

No comments:

Post a Comment