Friday, May 13, 2011

IRA WIBOWO DALAM FILM MALIOBORO DI WAKTU MALAM




JUDUL FILM        : MALIOBORO DI WAKTU MALAM

SUTRADARA       : CHAERUL UMAM

PRODUKSI           : PT. REMBULAN SEMESTA FILM & PPFN

SKENARIO           : MARSELLI

PRODUSER          :  SORAYA PERUCHA, NURFINA SYAHRIL DJOHAN

TAHUN                                 : 1989

JENIS                     : FILM DRAMA

PEMAIN               : NUNGKI KUSUMASTUTI, IRA WIBOWO, SIGID HARDADI, SEGUDANG ARTIS PARFI JOGYA

SINOPSIS :  

Slamet (Sigid Hendardi) adalah seorang wartawan Harian Bumi di kota Yogyakarta. Ia tinggal kumpul serumah dengan teman wanitanya Wulan (Nungki Kusumastuti). Slamet adalah seorang lelaki yang tidak berani menikah namun menjalin hubungan dalam satu atap tanpa adanya ikatan pernikahan. Wulan adalah seorang pelukis yang berambisi untuk membuka pameran lukisan. Kehidupan kedua insan berlainan jenis di Jogya ini tinggal dalam satu rumah kontrakan.

Suatu malam, Slamet berkenalan dengan seorang wanita bernama Dona (Ira Wibowo) di Jalan Malioboro ketika sedang makan gudeg lesehan. Melihat gelagat yang tidak biasa, Slamet menebak kalau Dona adalah orang baru di Jogya. Dona adalah keturunan Manado yang besar di Jakarta, dan ketika usia 26 tahun pergi keJogya untuk mencari cinta. Perkenalan Dona dan Slamet di Malioboro membuat keduanya sering janjian untuk ketemu. Singkat cerita, Slamet kesengsem dengan Dona tanpa memperhatikan kalau dirinya sebenarnya memiliki pasangan, Wulan. Sementara Dona sendiri sebenarnya pernah bertunangan dengan Raymond namun gagal ke pernikahan setelah Dona merasa kalau dirinya butuh cinta

Dona dan Slamet sering pergi berdua termasuk menjadi tukang foto di kampung Slamet mereka lakukan berdua tanpa sepengetahuan Wulan. Hingga suatu ketika Wulan secara tidak sengaja melihat Slamet dan Dona bergandengan tangan di keramaian. Mengetahui Slamet bertindak serong, tidak membuat Wulan marah-marah namun ia pendam sendiri dalam hati.

****

Keinginan Wulan untuk mengadakan pameran lukisan pun akhirnya tercapai.  Wulan mengadakan pameran lukisannya, banyak lukisan-lukisan yang terjual. Salah satu pengunjung yang membeli adalah Dona. Namun lukisan tidak bisa langsung di bawa. Sehingga Dona mengambilnya di rumah Wulan. Di rumah Wulan, Dona menemukan foto lukisan Wulan tentang Slamet. Namun sayang lukisan Slamet sebagai pengemis tidak di jual oleh Wulan. Melalui pembicaraan berdua akhirnya Dona tahu siapa sebenarnya Slamet. Ia tidak lebih dari playboy kampungan.

Akhirnya ketika Dona dan Slamet bertemu keduanya terlibat perdebatan panjang. Dona meninggalkan Slamet, dan Slamet pun mengejar. Namun malang, ia akhirnya kecelakaan di Jalan Malioboro. Dona membawanya kerumah sakit. Selepas dari rumah sakit, Slamet kebingungan karena harus pulang kerumah siapa.

****

Malioboro di waktu malam merupakan film yang cukup komplek, karena sedikit menyelami budaya keraton seperti kirab kereta keraton, dan juga tarian yang di bawakan oleh Wulan.

No comments:

Post a Comment