Wednesday, February 13, 2013

HARRY CAPRI & MONICA OEMARDI DALAM FILM " PUTRI KEMBANG DADAR "

Putri Kembang Dadar
JUDUL FILM                        : PUTRI KEMBANG DADAR

SUTRADARA                       : DASRI YACOB

CERITA                                  : LEGENDA SUMATERA SELATAN

SKENARIO                           : BUCE MALAWU

SOUNDMAN                      : SUPARMAN SIDIK

PRODUSER                          : NY. LEONITA SUTOPO

TAHUN PRODUKSI           : 1990

PRODUKSI                           : PEMDA TK I SUMSEL & PT INEM   FILM

JENIS                                     : FILM LEGENDA

PEMAIN                              : YAN BASTIAN, MONICA OEMARDI, HARRY CAPRY, ADE IRAWAN, HENDRIANA TALLY, NIZAR ZULMI, ARTHUR TOBING

SINOPSIS :

Putri Kembang Dadar merupakan legenda rakyat Sumatera selatan yang bercerita tentang perebutan seorang Putri Demang Lebardaun bernama Putri Kembang Dadar.

Burhan (Harry Capri) anak keluarga Ismail harus pergi dari kampung Lebardaun setelah ia disuruh pergi oleh Hulubalang Marta (Arthur Tobing) atas suruhan dari demang Lebar daun (Yan Bastian) setelah mereka mengetahui kalau putrinya Putri Kembang Dadar (Monica Oemardi) menyukai Burhan.   Putri dilarang bergaul dengan Burhan dan disuruh mencari jodoh yang sepadan dengannya, karena Burhan adalah anak orang kebanyakan. Akhirnya tanpa berpamitan dengan Ibunya (Ade Irawan), Burhan pergi tak tentu arah, hingga akhirnya Burhan bunuh diri dengan terjun di air terjun. Ketika sedang melompat ke dasar jurang,  Burhan di tolong oleh seorang laki-laki tua dan diselamatkan.

Sementara itu Sepeninggal Burhan, Putri menjadi bersedih karenanya. Ia hanya bercakap-cakap dengan Tiung, seekor burung yang di beri oleh Burhan padanya.

Kecantikan Putri Kembang dadar yang tersohor membuat banyak orang ingin melamarnya, termasuk dua orang Demang yang dengan paksa dan membawa pasukan melamar Putri. Namun kedatangan mereka di tolak oleh Demang Lebardaun. Terjadilah perkelahian, dan kedua Demang beserta pengikutnya berhasil di pukul mundur.

Tak lama berselang datanglah sepasang pendekar sakti yang jahat bernama Maulana dan Maulani yang ingin mempersunting Putri Kembang Dadar untuk di jadikan istrinya. Karena kesaktiannya yang dirasa tidak dapat di tandingi, maka untuk menyelamatkan Putri Kembang Dadar, Demang Lebar Daun membuat sayembara barang siapa dapat mengalahkan kedua pendekar kembar tersebut maka akan di jadikan suami Putri. Sementara Putri Kembang dadar di sembunyikan di dalam Guci bersama perempuan-perempuan kampung lainnya yang merasa dengan sukarela membantu Demang Lebardaun untuk mengecoh kedua pendekar tersebut. Mereka akan mengaku sebagai Putri kalau ditemukan oleh kedua pendekar tersebut.

Atas siasat tersebut, Tak satupun orang yang berani mengikuti sayembara tersebut. Sementara kedatangan Maulana dan Maulani mulai merajalela untuk mencari keberadaan Putri Kembang Dadar. Disaat bersamaan datanglah Burhan yang telah lama tidak kembali ke kampung Lebardaun setelah di tolong oleh seorang lelaki tua. Burhan berhadapan dengan Maulana dan Maulani. Burhan berusaha mengusir Maulana dan Maulani. Perkelahian yang tidak seimbang karena Burhan dikeroyok oleh dua orang. Namun Burhan dapat mengalahkan Maulana dan maulani.

Tuah Kaharuddin menyongsong Burhan untuk menyampaikan pesan Demang Lebar Daun agar ia ikut ke istana dan akan dijadikan suami Putri Kembang dadar sebagai hadiah. Namun Burhan menolak, karena ia bertarung semata-mata ingin membela kampungnya. Burhan pun pergi meninggalkan kampung Lebar Daun. Namun setelah mendengar panggilan Demang Lebardaun dan Putri Kembang Dadar akhirnya Burhan kembali. Mereka pun bertemu.

5 comments:

  1. saya salah satu pemeran pembantu saat burhan masih kecil. syuting di pantai tanjung kelayang Belitong Island.

    ReplyDelete
  2. kereen. sekarang apa kegiataanya aan?

    ReplyDelete
  3. https://www.youtube.com/watch?v=D8wxu_bc4oA&feature=youtu.be

    ReplyDelete
  4. https://www.youtube.com/watch?v=D8wxu_bc4oA&feature=youtu.be

    ReplyDelete