Wednesday, April 30, 2008

NOVIA KOLOPAKING

NOVIA KOLOPAKING

Mengawali karir di sinetron Jendela Rumah Kita produksi TVRI stasiun Jakarta, artis dengan nama lengkap NOVIA SANGANINGRUM SAPTAREA KOLOPAKING atau lebih dikenal dengan NOVIA KOLOPAKING memulai jejaknya di dunia keartisan. . Hingga tawaranpun datang untuk memerankan tokoh SITI NURBAYA yang ditayangkan TVRI. Bersama dengan Gusti Randa (Syamsul Bahri) dan Him Damsyk (Datuk Maringgih), Siti Nurbaya berhasil menarik penonton yang secara tidak langsung melambungkan nama Novia Kolopaking yang kala itu kelihatan masih lugu. Akting Novia sangat bagus sebagai ikon dari Siti Nurbaya yang sederhana.




Artis kelahiran Bandung 9 November 1972 ini memang sejak masih anak-anak sudah aktif dan dikenal di sejumlah majalah anak-anak, dipanggung baik sebagai penyanyi atau pemain sandiwara. Pun demikian, Novia kolopaking pernah pula menj


adi dubber yang tergabung dalam Sanggar Prativi bersama Elly Ermawati dan Feri Fadli. Ia pernah mengisi suara Dewi Anjani anak dari Lasmini dalam serial sandiwara radio SAUR SEPUH pada akhir 80an.



KARIR MUSIK


Olah vocal yang telah di gelutinya sejak kanak-kanak makin bersinar ketika memasuki masa remaja. Akhirnya tahun 1992 ia mengeluarkan album KEMBALI karya Ryan Kyoto. Persiapan pembuatan album ini sendiri sudah dimulai sejak 90an, akan tetapi baru bisa rilis pada ’92. Desain cover yang sederhana tetapi bagus yang dikemas bersama lagu-lagu yang indah untuk di dengarkan menyebabkan lagu Kembali sebagai jagoan mudah di terima oleh masyarakan dan pendengar pada umumnya. Promosi lewat radio adalah satu-satunya promosi yang maksimal karena media televisi kala itu masih hanya lewat TVRI dan satu stasiun swasta RCTI.



Kembali…….


Kembalilah padaku


Akan tetap kunanti


Walaupun sampai kumati



Salah satu penggalan dari lirik lagu Kembali yang sampai sekarangpun masih asyik untuk di dengarkan.



Mengawali tahun 1994 Novia Kolopaki


ng kembali rilis album kedua dengan judul BIAR KUSIMPAN RINDUKU. Biar kusimpan rinduku adalah hits kedua yang malang melintang dan sering terdengar di radio-radio, baik itu karena permintaan dari pendengar atau dari keinginan penyiarnya sendiri.


Dalam sehari bisa sampai 10 kali lagu ini terdengar dari stasiun radio yang berbeda di satu kota. Dan agaknya lagu ini merupakan satu lagu yang paling penulis sukai.




Biarkanlah hujan badai


Menghalangi cinta ini biarkanlah kusimpan rinduku


Hanya untukmu..


Selamanya………………….



Lagu-lagu slow rock seperti ini memang di awal sampai pertengahan 90an sangat di gemari. Lagu-lagu yang mendayu dengan lirik yang kadang-kadang memang sesuai dengan suasana hati pastinya. Keindahan cover album ini juga merupakan suatu pertimbangan dari penggemar untuk tetap mengoleksi album Novia Kolopaking.



Kemudian setelah itu berturut-turut album Untukmu Segalanya (menjadi soundtrack sinetron dengan judul yang sama), Album religius Dengan Menyebut Nama Allah, Aku Selalu Cinta (Single), Asmara, Cinta dan Bunga Mawar (Single)


Setelah dipersunting dan menikah dengan Emha Ainun Nadjib pada 22 Maret 1997, nama Novia Kolopaking mulai meredup pelan-pelan meski ia masih dikenal dan masih mengeluarkan beberapa album religi bersama suami tercinta. Agaknya kehadiran keluarga baru yang menjadi pertimbangan utama untuk focus pada keluarga. Meskipun di ketahui juga ia masih main di beberapa sinetron.





KARIR SINETRON DAN FILM



Tampil bagus di Jendela Rumah Kita dan Siti Nurbaya ia merambah ke layar lebar bersama aktor sekaligus dubber Ferry Fadli dalam Film Brahmana Manggala. Walaupun Film BRAHMANA MANGGALA tidaklah sehebat sinetron Siti Nurbaya, akan tetapi menunjukkan bahwa acting Novia di akui. Di film ini ia menunggang kuda sebagai pendekar. Wah hebat juga ya………….


Selengkapnya film dan sinetron yang pernah di bintangi :



1. Siti Nurbaya (TVRI)


2. Brahmana Manggala (Film)


3. Ketulusan Kartika (INDOSIAR)


4. Keluarga Cemara (RCTI)


5. 1 Kakak 7 Ponakan (RCTI)


6. Darah biru



Selepas menikah dengan Emha Ainun Nadjib, Novia Kolopaking jarang sekali tampil di televisi, akan tetapi ia masih berkiprah bersama Kyai Kanjeng, grup musik dari suaminya. Ia Kerap muncul dalam pentas nasional untuk mengunjungi berbagai tempat di Indonesia dan dunia. Cukup lama vakum dan kangen juga nih dengan lagu-lagunya.




Ps. Bagi pembaca yang mempunyai film Siti Nurbaya, bolehlah untuk berbagi dengan saya. Tolong hubungi saya via email. Saya juga mempunyai koleksi album Biar Kusimpan Rinduku dobel (ada 2) ada yang berminat? Hub saya di email.


13 comments:

  1. Mohon dikirimi lagunya Novia Kolopaking yang ada judulnya Dengan Menyebut Nama ALLAH

    ReplyDelete
  2. Mohon dikirik lirik lagu novia kolopaking yang berjudul zikir

    ReplyDelete
  3. boleh donk...!saya berminat dengan album novia berjudul "biar Kusimpan Rinduku" mohon hubungi saya di 08888043449, kalau ada juga yang zikir dengan lirik " berzikir kusebut namaMu Allah kuatkan kutempuh jalanMu....izinkanlah aku merengkuh bahagia walaupun sebentar saja..." coz saya sangat menggemari lagu2 novia kolopaking.

    ReplyDelete
  4. Ma'af,
    Yang terorbitkan di jendela rumah kita bersama Dede Jusuf, bukan novia kolopaking, tetapi Desi Ratnasari. Nama Novia melejit karena Siti Nurbaya.

    jejakandromeda's said :
    Yup benar sekali, sebenarnya sewaktu posting aku dah tau salah tapi aku biarin saja, eh ternyata ada yang teliti. Thanks yah. Sering-sering mampir

    ReplyDelete
  5. Mas Jejakandromeda,

    punya lagunya Novia Kolopaking yang jd soundtrack sinetron Misteri Nini Pelet? judulnya apa ya?

    Jejakandromeda's said :
    Judulnya Sendiri Menyulam Sepi, mp3nya gak punya mas, itu ada di kaset soalnya

    ReplyDelete
  6. mohon dikirimin lagunya novia kolopaking yang judulnya zikir dunn!!!
    cz aq suka banget sama lagu itu tapi sayangnya sudah tergeser dg lagu* sekarang.pa gy lgu tu kesukaan almarhumah sahabat qu.sayang banget lau sampe hilang termakan zaman.kalau perlu keluarin lagu itu gy dun biar tetep exis.okayy?
    qu tunggu yupzzz....

    ReplyDelete
  7. lagux novia yg sendiri menyulam sepi,liriknya seperti ni bukan,
    denting ku dengar dawai hati melantun di ujung pagi
    sepi menerpa hati ini
    sendiri menyulam sepi
    tujuh purnama tlah berlalu ,tinggalkan kenangan sendu mahligai cinta yg ku bina hanya membawa bencana
    oh tragedi haruskah berakhir seperti ini
    cinta yg tlah lama ku patri hars ku ingkari
    oh tragedi kemana ku hrs berbagi
    harapan hati slama ini hrs ku bawa pergi

    bnr g'?

    ReplyDelete
  8. tapi memang Via juga ikut di Jendela Rumah Kita, dia berperan sebagai Anna, keponakannya Jojo (Dede Yusuf)

    ReplyDelete
  9. tolong dong,, kalo ada yg punya lagunya novia kolopaking "sendiri menyulam mimpi" dishare biar bisa di unduh... makasiihh..

    ReplyDelete
  10. bagi-bagi donk lagunya novia kolopaking "sendiri menyulam sepi",,,,

    ReplyDelete
  11. Tolong donk ksi tau bgmna crax tuk ngambil lagux novia scra gratis.....???
    Please donk kasi tau ya.......!!

    ReplyDelete
  12. bagi-bagi donk lagunya novia kolopaking “sendiri menyulam sepi”

    ReplyDelete
  13. Saya suka sekali dengan film Ketulusan Kartika, Kereeeeen! (◦'ں'◦)

    ReplyDelete