Thursday, March 19, 2009

India Open; Vita Marissa Come Back.......



Keputusan PBSI untuk memberikan sanksi bagi para pemain yang gagal memenuhi target yang di kirim ke dua turnamen super series secara berturut-turut harus di hadapi dengan sikap positif. Sanksi retraining yang diberikan salama 1,5 bulan justru harus disikapi dengan lapang sekaligus memberikan ruang gerak untuk lebih serius lagi berlatih sehingga dimasa mendatang target yang dibebankan dapat tercapai.

Hasil buruk dua turnamen awal tahun, All England dan Swiss Super Series memang diluar dugaan, karena pemain-pemain Indonesia seharusnya lebih bisa bersaing. Nova Widianto/Lilyana Natsir yang masih bercokol di nomor satu dunia bahkan di dua turnamen tersebut hanya mampu hingga ke perempat final sebelum akhirnya harus pulang terlebih dahulu. Sementara itu China kembali menjadi kampiun di dua turnamen tersebut.

Turnamen mendatang adalah seri Grand Prix yang akan berlangsung di India dari 24 - 29 Maret 2009. Dari keseluruhan pemain pelatnas yang di dua turnamen sebelumnya dikirimkan, tidak ada satu wakilnyapun di Yonex Sunrise India Open Gold 2009. Indonesia hanya mengirimkan pemain-pemain non pelatnas dan satu pemain tunggal putri Maria Kristin Yulianti yang di dua turnamen sebelumnya tidak bisa tampil akibat cedera. Menempati unggulan ke 4 India Open , Maria Kristin harus bersaing ketat untuk bisa melangkah lebih jauh, mengingat masih ada Zhu Jingjing (CHN) pemain pelapis China yang ikut ambil bagian di turnamen ini yang kemungkinan akan bertemu Maria di babak kedua.

Di nomor tunggal putra Taufik Hidayat kembali tampil diturnamen ini dan menempati unggulan kedua. Taufik HIdayat semifinalis All England 2009 kemungkinan akan melangkah mulus hingga ke final untuk dapat bertemu kembali dengan unggulan 1 Lee Chong Wei (MAS) secara hattrick. Pertama di semifinal All England, kemudian di perempat final Swiss Super Series dan semoga saja pertemuan keduanya kembali terjadi di final India Open yang membuahkan hasil Taufik sebagai juara. Pendamping Taufik dari Indonesia adalah Andre Kurniawan Tedjono yang langkahnya lebih berat dibanding Taufik.

Sementara Itu Vita Marissa yang sudah bukan pemain pelatnas lagi, kali ini mencoba kembali bermain dan ambil bagian diturnamen ini. Setelah tidak bermain di 4 turnamen awal tahun, Vita kembali keluar kandang. Vita Marissa akan bermain berpasangan dengan Flandy Limpele mantan pasangannya di pelatnas sebelum Vita dipasangkan dengan M. Rijal. Flandy sebelumnya juga berpasangan dengan Anastasia Russikh (RUS) dengan perolehan prestasi tertingginya adalah semifinalis All England 2009. Kembalinya Vita Marissa membawa angin tersendiri terutama bagi pecinta bulutangkis tanah air yang ingin kembali melihat aksi Vita. Semoga saja kembalinya Vita Marissa mampu meluluhkan PBSI untuk menarik kembali Vita, dan adanya win-win solution dengan kontrak yang disodorkan PBSI demi Indonesia tentunya.

Vita Marissa juga bermain di nomor ganda putri, setelah sebelumnya Vita Marissa menjadi ganda putri nomor satu Indonesia berpasangan dengan Lilyana Natsir, kali ini Vita Marissa akan berpasangan dengan Nadya Melati juniornya. Semoga saja Vita Marissa tetap bisa bertanding mengikuti turnamen-turnamen berikutnya dan meraih banyak sponsor, dan yang lebih penting mampu meraih prestasi yang mampu membuat pelatnas tercengang. Good luck Vita!!

Berpasangan dengan Flandy, Vita Marissa tentunya lebih optimis mengawali debutnya lagi di bulutangkis untuk bisa meraih juara.  Peluang Flandy/Vita di turnamen India Open 2009 ini untuk menjadi juara sangat terbuka lebar.  Disamping pemain-pemain top dunia tidak turun, lawan yang akan dihadapi Flandy/Vita lebih ringan. Meski sudah tidak berpasangan beberapa lama, akan tetapi masing-masing sudah tahu karakternya, sehingga dilapangan meski terasa kaku diawal akan dapat kembali padu.  Dan yang lebih penting lagi kedua pemain meski diluar pelatnas, tapi masih membela atas nama Indonesia.  Flandy/Vita diprediksi akan melangkah mulus hingga kefinal.

Pemain-pemain ganda campuran yang ikut ambil bagian di India Open diantaranya pasangan baru Alvent Yulianto/Jo Novita, Hendra A Gunawan/Endang Nursugianti, M Rijal/Debi Susanto, Tantowi Ahmad/Puspita Rici Dili.

Berikut adalah nama-nama pemain yang masuk drawing per 10 Maret 2009 :

Tunggal Putra :

1.       Taufik Hidayat

2.       Andre Kurniawan Tedjono

3.     Tommy Sugiarto

Tunggal Putri :

1.       Maria Kristin Yulianti

Ganda Putra :

1.       Joko Riyadi/Candra Wijaya

2.       Fernando Kurniawan/Lingga Lie

3.       Alvent Yulianto/Hendra A Gunawan

4.       Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan

Ganda Putri :

1.       Jo Novita/Endang Nursugianti

2.       Vita Marissa/Nadya Melati

3.       Komala Dewi/Debi Susanto

4.       Anneke Feinya Agustin/Annisa Wahyuni

Ganda Campuran  :

1.       Flandy Limpele/Vita Marissa

2.       Alvent Yulianto/Jo Novita

3.       Hendra A Gunawan/Endang Nursugianti

4.       Tantowi Ahmad/Puspita Rici Dili

No comments:

Post a Comment