Wednesday, July 18, 2012

JAMAL MIRDAD DAN LIDYA KANDOU DALAM FILM RAMADHAN DAN RAMONA

Ramadhan dan Ramona
JUDUL FILM                        : RAMADHAN DAN RAMONA

SUTRADARA                       : CHAERUL UMAM

CERITA                                  : ARIFIN C NOER

SKENARIO                           : PUTU WIJAYA

PRODUSER                          : ALEXANDER TEDJA

TAHUN PRODUKSI           : 1992

PRODUKSI                           : PT. CITRA WIWITAN FILM

JENIS                                     : FILM DRAMA

PEMAIN                              : LIDYA KANDOU, JAMAL MIRDAD, SILVANA HERMAN, LEROY OSMANI, AMAK BALJUN, AMI PRIYONO, DEDDY MIZWAR, HENGKY SOLAIMAN, HIM DAMSIK, LENNY MARLINA, NIA RANI, TUTY SUPRAPTO

SINOPSIS :

Ramadhan (Jamal Mirdad) seorang anak bangsawan dari Malaysia pergi ke Jakarta untuk menyelami dan merasakan hidup mandiri untuk mencari pengalaman dengan bekerja. Di tempat kerjanya ia berkenalan dengan Ramona (Lidya Kandou) seorang wanita yang cekatan namun tegas.  Di tempat kerjanya tersebut, Ramadhan bertugas melayani tamu yang ingin membeli pakaian, sementara itu Ramona terlibat konflik dengan Roy, anak pemilik toko tempat ia bekerja. Ramona tidak terima karena Roy telah menyia-nyiakan Ira sahabatnya yang dihamili oleh Roy. Untuk itulah ia meminta mama Roy agar Roy mau bertanggungjawab atas perlakuannya pada Ira.

Perkenalan Ramadhan dan Ramona langsung klik, Ramadhan langsung terkesan dengan Ramona, namun tak lama Ramona pindah kerja karena merasa tidak puas denga perlakuan bosnya. Ramona pindah kerja di hotel. Tanpa sengaja Ramadhan kembali bertemu Ramona dimana ia kerja.  Hubungan kedua insan ini pun terus berlanjut. Namun kerja di Hotel tidak membuat Ramona kerasan, ia kembali keluar dari pekerjaannya karena tidak cocok dengan bosnya yang mencintainya. Namun demikian hubungan Ramadhan dan Ramona makin akrab, walaupun Ramona sebenarnya menghindari laki-laki yang ingin mendekatinya termasuk Ramadhan, namun Ramadhan dengan gigih mengikuti kemanapun Ramona pergi. Pindah kerja dari hotel, Ramona mencoba menjadi kondektur bis, Ramadhanpun dibuat untuk terus membayangi kemanapun Ramona pergi, akibatnya ia sering bolos kerja, Ramadhan terkesan dengan kepribadian Ramona yang mau bekerja apa saja, tidak seperti cewek-cewek yang selama ini mengejarnya hanya ingin hartanya saja.

Ramadhan yang Ramona pikir adalah pemuda lugu dan sederhana, namun belakangan Ramona akhirnya tahu siapa Ramadhan sebenarnya dari Roy. Merasa telah di bohongi selama ini oleh Ramadhan, ia marah dan tidak mau bertemu kembai dengannya. Ramona bahkan mengaku sudah memiliki tunangan ketika ia bekerja di Cineplex. Belakangan di ketahui kalau tunangannya adalah bayaran Ramona agar Ramadhan cemburu. Tidak hanya sampai disini, Ramadhan gigih sekali untuk mencari keberadaan Ramona termasuk ketika Ramona sedang pergi kelombok dan pulau. Namun disana Ramadhan mendapati kalau Ramoda adalah perempuan yang berbeda. Ramona yang di lihatnya adalah Ramona yang anak orang kaya dan bukan anak orang miskin yang harus bekerja. Akhirnya Ramadhan tahu kalau Ramona pun ingin mencari jati dirinya.

Namun untuk menaklukkan hati Ramona harus di lakukan usaha keras, hingga akhirnya Ramadhan putus asa dan bermaksud pulang ke Malaysia. Namun tanpa di sengaja Ramona yang kebetulan mau pergi ke Lombok bertemu dengan Ramadhan. Keduanya pun terlibat obrolan serius yang masing-masing mempertahankan argumennya. Namun akhirnya meski a lot, keduanya berbaikan.

****

Ramadhan dan Ramona merupakan film terbaik FFI 1992. Di bawakan secara ringan dan unsure komedi, film ini mampu menghibur. Film ini juga di suguhin lagu-lagu yang di bawakan oleh Silvana Herman alias Ano dengan iringan piano yang berdenting sehingga penonton di bawa untuk terlena dalam dentingan Piano. Tercatat ada tiga lagu yang di bawakan oleh Ano.

1 comment: