Friday, October 17, 2008

Denmark Open Super Series 2008; Sony Tumpuan Indonesia


Denmark Open Super Series 2008 adalah kalender Super Series ketiga pasca Olimpiade Beijing 2008. Setelah di China Master Super Series yang berlangsung dari tanggal 23 – 28 September 2008 hingga sekarang Denmark Open Super Series 2008 yang berlangsung dari tanggal 21 – 26 Oktober 2008. Menurut drawing yang sudah di release, Indonesia menempatkan pemain terbaiknya di ajang ini. Akan tetapi persaingan di Denmark Open Super Series ini terbilang berat, karena hadirnya para pemain top dunia setelah di Jepang Super Series dan China Master banyak yang absent. Dari tiga turnamen Jepang Super Series, China Master Super Series dan sekarang Denmark Open Super Series, hanya pemain Korea yang absent. Entah kenapa absent, padahal kan mereka juga punya pemain-pemain terbaiknya.



Peluang Indonesia untuk meraih gelar diturnamen ini cukup berat mengingat persaingannya yang semakin kuat. Berita terakhir yang terdengar adalah bahwa ganda campuran Indonesia Nova/Lily dan M Rijal/Vita dikabarkan mundur dari turnamen ini karena kecapekan. Akan tetapi di drawing yang sudah diturunkan, pasangan tersebut masih bertengger.



TUNGGAL PUTRA



Indonesia mengirimkan pemain terbaiknya di turnamen ini, minus pemain muda yang sebenarnya juga mempunyai prestasi yang sedang bagus seperti Tommy Sugiarto dan Alamsyah Yunus.



Sony Dwi Kuncoro


Sony Dwi Kuncoro menjadi tumpuan untuk menjadi juara setelah di dua turnamen sebelumnya sukses di dua turnamen, di Jepang Super Series dan China Masters Super Series 2008. Sebagai tulang punggung kekuatan Indonesia Sony Dwi Kuncoro yang merupakan unggulan ke2 berada di pool bawah. Di babak pertama Sony ditantang pemain Jepang Kenichi Tago. Kemungkinan Sony akan melangkah mulus ke babak berikutnya.Di babak kedua Sony akan ditantang oleh Ng Wei (HKG). Sony harus berhati-hati jika ingin memenangkan permainan ini, karena Ng Wei termasuk pemain yang ulet dan seringkali merepotkan lawan. Lawan Sony berikutnya di perempat final kemungkinan adalah pemain tuan rumah Kenneth Jonassen. Jika berhasil mengatasi Jonassen di perempat final, pemain yang baru meraih gelar China Master Super Series 2008 ini kemungkinan akan kembali ketemu Chen Jin(CHN) di semifinal. Jika skenarionya mulus di final kemungkinan akan bertemu kembali dengan Lee Chong Wei (MAS) yang merupakan unggulan pertama.



Taufik Hidayat


Meski prestasi Taufik Hidayat sangat buruk akhir-akhir ini akan tetapi ia baru saja mempersembahkan satu-satunya gelar di Macau Open 2008, sehingga dengan demikian Taufik Hidayat itu masih ada. Di Babak pertama, Taufik yang diunggulkan ditempat ke 8 ini akan berhadapan dengan pemain Malaysia Wong Chong Han yang pernah mengalahkannya di babak pertama Olimpiade Beijing 2008. Jika Lolos dari Wong Chong Han, dibabak kedua sudah menunggu Joachim Persson (DEN) yang kemungkinan akan melangkah mudah ke babak kedua. Menghadapi pemain tuan rumah, Taufik harus pasang strategi jitu, karena menghadapi pemain tuan rumah yang didukung penuh penonton, Taufik harus siap mental. Sehingga tidak down dikala mendapatkan tekanan dari penonton. Jika lolos dari Joachim Persson, Taufik melangkah ke perempat final dan akan bertemu dengan musuh bebuyutannya Bao Chun Lai (CHN) yang baru saja mengalahkan diperempat final China Master Super Series. Jika Taufik mampu membalaskan kekalahan di China Master Super Series, Taufik melangkah ke semifinal dan kemungkinan akan dihadang oleh Lee Chong Wei (MAS) , setelah sebelumnya Chong Wei harus mengalahkan Simon terlebih dahulu. Jika Taufik kembali mengalahkan Lee Chong wei di Semifinal maka langkah selanjutnya adalah sekenario All Indonesian Final antara Taufik Hidayat dan Sonny Dwi Kuncoro. Akan tetap jika Taufik mampu melewati segala hadangan yang ada.



Simon Santoso


Setelah gagal bermain di China Masters Super Series akibat cedera, kini runner up Djarum Indonesian Open Super Series 2008 tersebut akan kembali bermain di Denmark Open Super Series dengan berhadapan Przemyslaw Wacha (POL). Jika lolos maka di babak kedua Simon kemungkinan besar akan ketemu Lee Tsuen Seng (MAS). Selanjutnya lawan Simon diperempat final adalah Lee Chong Wei. Menghadapi Chong Wei Simon harus ekstra menekan, meski di beberapa turnamen ini Chong Wei permainannya buruk, akan tetapi Simon harus berhati-hati untuk melangkah ke semifinal. Disemifinal Simon harus berjibaku dengan Taufik untuk bisa melangkah ke final.




TUNGGAL PUTRI


Disektor tunggal putri Indonesia menurunkan tiga pemain pratamanya di pelatnas seperti Maria Kristin, Firdasari, dan Pia Zebadiah.



Maria Kristin Yulianti


Langkah Maria Kristin di Denmark Super Series 2008 terhadang oleh tembok China di babak kedua. Maria Kristin kembali bertemu Lu Lan di babak kedua yang berhasil mengalahkan Maria di perempat final Jepang Super Series 2008. Jika lolos dari hadangan Lu Lan, di perempat final sudah menunggu Juara Djarum Indonesia Open Super Series 2008 Zhu Lin (CHN). Menghadapi Zhu Lin, sebenarnya Maria bisa mengimbangi, hanya factor dan mau capek saja yang bisa membuat Maria menang. Jika Maria berhasil melangkah kesemifinal, kemungkinan besar akan ketemu Xu Huaiwen (GER). Dan prediksi Maria ke final pun terbuka untuk bertemu unggulan pertama Xie Xing Fang (CHN)



Adriyanti Firdasari


Adriyanti Firdasari dibabak pertama harus berjibaku untuk melangkah kedua dengan Wang Chen (HKG). Permainan Firdasari yang belum bisa mengatasi mentalnya, terkadang meski unggul dibabak pertama akan mudah dipatahkan diset berikutnya. Kemungkinan langkah Firda akan terhenti dibabak pertama.



Pia Zebadiah


Pia… hehe sempet ketemu pas buka puasa di Mall Taman Anggrek, dan Pia dengan ramahnya nyamperin meja saya beserta teman-teman. Kala itu Pia sedang buka bersama keluarga ditambah dengan Tommy Sugiarto. Wah gossip nih, kayaknya Pia ada hubungan khusus deh dengan Tommy. Kembali ke Denmark Super Series, langkah pia di babak pertama juga berat, ia langsung berhadapan dengan Judith Meulendijks (NED). Menghadapi Judith, kemungkinan Pia akan mampu menghadapinya dan Pia diprediksi akan terhenti langkahnya di babak kedua tatkala berhadapan dengan Tinne Rassmusen (DEN).






GANDA PUTRA


Markis Kido/Hendra Setiawan


Pasangan ganda putra terkuat Indonesia saat ini diprediksi akan melangkah mulus ke perempat final. Di perempat final Markis/Hendra kemungkinan akan berhadapan dengan Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan (MAS). Pasangan debutan Malaysia tersebut yang sempat naik daun, akan tetapi menurun performanya di tiga turnamen belakangan ini akan menjadi batu sandungan bagi pasangan Markis/Hendra. Jika lolos dari perempat final di semifinal Markis/Hendra kemungkinan akan bertemu dengan pasangan kuat Malaysia lainnya Koo Kien Kit/Tan Boon Heong yang pernah dikalahkan diperempat final Olimpiade Beijing. Jika kembali menorehkan keberhasilan dan melangkah kefinal, di final kemungkinan besar bisa terjadi all Indonesian final antara Markis/Hendra melawan M. Ahsan/Bona Septono.



Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan


Berada di pool berbeda dengan Markis/Hendra menyebabkan pasangan ini berpeluang untuk meraih hasil maksimal kembali. Di babak pertama Yonatan/Rian akan menjajal kemampuan ganda tuan rumah Mikkel Elbjorn Larsen/Mads Pieler Kolding. Di babak pertama kemungkinan akan berjalan mulus dan melenggang ke babak kedua. Lawan dibabak kedua juga lawan yang tidak diunggulkan dan dilihat dari segi peringkat dan pengalaman , pasangan Yonatan/Rian akan mudah mengatasi permainan pasangan tersebut dan melangkah ke perempat final. Diperempat final kemungkinan pasangan Yonathan/Rian akan bertemu dengan pasangan baru China Fu Haifeng/Ye Shen. Fu Haifeng yang biasa berpasangan dengan Cai Yun diturnamen ini. Jika mampu mengatasi permainan Fu Haifeng/Ye Shen, disemifinal kemungkinan akan kembali bertemu dengan M Ahsan/Bona Septono.



Muhammad Ahsan/Bona Septono


Ganda Muda pelatnas tersebut dprediksi akan melenggang mulus ke perempat final. Di perempat final kemungkinan akan bertemu dengan Shintaro Ikeda/Shuichi Sakamoto(JPN) yang merupakan unggulan ke 7. Dan jika lolos dan melangkah ke semifinal, peluang untuk bertemu dengan Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan kemungkinan akan terjadi untuk bisa meloloskan satu dari dua pasangan tersebut kefinal.




GANDA PUTRI


Di sector ganda putri, sampai saat ini nomor ini masih menjadi milik atlet-atlet asal negeri tirai bamboo. Pasangan Nitya Krishinda/Greysia Polii diprediksi akan menghadapi lawan berat di babak kedua dari China Cheng Shu/Zhao Yunlei yang mendapatkan bye di babak pertama. Sedangkan ganda putrid andalan Indonesia Vita Marissa/Lilyana Natsir diprediksi akan melangkah mulus ke semifinal. Indonesia menurunkan empat pasangan di nomor ini. Dua pasangan lainnya adalah Lita Nurlita/Endang Nursugianti dan Rani Mundiasti/Jo Novita.



Sementara dari sector ganda campuran, Indonesia masih memiliki pasangan Flandy/Greysa polii, Devin Lahardi/Lita Nurlita, Anggun Nugroho/Endang Nursugianti, ada juga Nova/Lily dan M Rijal/Vita Marissa jika dua pasangan tersebut tidak jadi mundur.


Semoga saja Indonesia mampu meraih gelar di turnamen ini.

No comments:

Post a Comment