Saturday, June 19, 2010

SINGAPORE SUPER SERIES 2010; INDONESIA LOLOSKAN 4 GANDA KE SEMIFINAL, SONY TUMBANGKAN LEE CHONG WEI

Indonesia meloloskan empat nomor ganda ke semifinal  turnamen Li Ning Singapore Super Series 2010 melalui nomor ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan, ganda putri melalui melalui Meiliana Jauhari/Greysa Polii dan ganda campuran Nova Widianto/Lilyana Natsir dan Hendra A Gunawan/Vita Marissa. Di nomor tunggal putra, Sony Dwi Kuncoro berhasil menekuk unggulan utama Lee Chong Wei (MAS) melalui pertandingan 3 set, sayang sekali keberhasilan Sony tidak diikuti tunggal putra Simon Santoso yang ditaklukkan Peter Heog Gade (DEN) juga dengan tiga set.

Pada partai ganda putra, Markis Kido/Hendra Setiawan berhasil melangkah ke semifinal setelah mengandaskan pemain tuan rumah Dany Bawa Chrisnanta/Chayut Triyachart dengan dua set langsung selama 30 menit dengan skor 21-17 dan 21-17. Selanjutnya di semifinal lawan Markis/Hendra adalah Chieh Min Fang/Sheng Mu Lee (TPE).

Indonesia juga meloloskan ganda putri Meiliana Jauhari/Greysia Polii ke semifinal setelah mengandaskan unggulan ke 7 asal Korea Jung Eun Ha/Kyung Eun Jung dengan rubber set. Meski kalah di set pertama, namun set kedua dan ketiga dimenangkan ganda Indonesia secara meyakinkan. Meiliana Jauhari/Greysia Polii menang dengan 13-21, 21-13 dan 21-11, selanjutnya di semifinal pasangan Indonesia tersebut akan ditantang Kim Min Jung/Lee Hyo Jung yang di perempat final berhasil menekuk Petya Nedelcheva/Anastasia Ruskikh dengan 20-22, 21-8, 21-16.

Di nomor ganda campuran, Indonesia berpeluang menciptakan All Indonesian final jika pemain-pemain Indonesia berhasil mengatasi lawan-lawannya di semifinal. Nova Widianto/lilyana Natsir yang berada di pul atas berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan Rassmus Bonde/Christinna Pedersson (DEN) dengan tiga set. Di set pertama, permainan Nova widianto/Lilyana Natsir tidak berkembang sehingga dengan mudah dipatahkan oleh pemain Denmark dengan mudah dengan 10-21. Memasuki set kedua, di awal permainan Nova Widianto/Lilyana Natsir juga masih belum padu, namun akhirnya berkat kematangan yang dimiliki akhirnya Nova/Lilyana berhasil merebut set kedua dengan skor tipis 21-19. Memasuki set penentuan, Nova/Lilyana semakin percaya diri dan menutup dengan kemenangan 21-4. Selanjutnya lawan Nova/Lilyana adalah Hung Ling Chen/When Hsieh Cheng (TPE). Di pul bawah Hendra A Gunawan/Vita Marissa juga berhasil melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Robert Blair/Gabriele White (ENG) dengan dua set langsung 22-20 dan 21-12. Selanjutnya lawan Hendra/Vita di semifinal adalah pasangan kuat Denmark Thomas Layborn/Kamilla Rytter Juhl yang di perempat final mengandaskan Diju V/Jwalla Gutta (IND) dengan 21-19 dan 21-16. Menghadapi pasangan Denmark, Hendra/Vita harus bermain lebih menyerang, karena seringkali permainan pemain Denmark tersebut merepotkan lawan, sehingga apabila berhasil mengatasinya maka diharapkan skenario untuk melihat all Indonesian final dapat terwujud.

Sementara itu nomor tunggal putra juga meloloskan satu wakilnya ke semifinal melalui Sony Dwi kuncoro yang berhasil mengandaskan permainan Lee Chong Wei (MAS) dengan tiga set. Di set pertama Sony kalah mudah dengan 7-21 karena mendapat tekanan-tekanan dari Chong Wei sehingga tidak mampu mengembangkan permainan. Memasuki set kedua akhirnya Sony mampu meraih angka dengan menutup kekemangan 21-19. Sedangkan di set penentuan keadaan berbalik, kali ini Sony yang memegang kendali dan menekan Chong Wei sehingga set ketiga ditutup dengan kemenangan 21-15 sekaligus membawa Sony ke semifinal.

Namun sayang sekali kemenangan Sony gagal di ikuti rekan senegaranya Simon Santoso. Simon Santoso kandas dari Peter Heog Gade (DEN) melalui pertandingan 3 set. Meski sempat unggul jauh di set ketiga, namun sayang sekali keadaan dapat berbalik dan Peter Gade mampu membalikan keadaan. Simon kandas dengan 21-17, 8-21 dan 17-21. Kegagalan yang sama juga di raih oleh ganda putri Shendy Puspa Irawaty/Nitya Khrisinda Maheswari setelah takluk dari Wen Hsing Cheng/Yu Chin Chien (TPE) dengan 10-21 dan 17-21.

No comments:

Post a Comment