Wednesday, July 23, 2008

Antara TVRI, Aneka Ria Safari, Unyil dan Ria Jenaka



Pasti tau dong stasiun pemersatu bangsa TVRI? Ya TVRI alias Televisi Republik Indonesia, satu-satunya Televisi nasional yang bisa menjangkau wilayah hampir seluruh nusantara. Tapi saat ini TVRI mulai terlindas oleh industri TV-TV swasta yang lebih mengedepankan acara sinetron. Apalagi bermunculannya TV-TV lokal yang juga ikut meramaikan dunia broadcasting Indonesia. Tapi TVRI tetap menjadi salah satu stasiun yang pernah mengisi hati penggemarnya.


Sebutlahsaja acara kebanggaan TVRI jaman dulu seperti Aneka Ria Safari, Film Boneka Si Unyil, Film Cerita Akhir Pekan, Selekta Pop, dan satu lagi nih Ria Jenaka yang tayang tiap jam 12 siang. Ehm kalau inget acara-acara tersebut jadi mengingatkan akan acara kesayangan yang selalu di tunggu-tunggu jaman TVRI dulu.


Bayangin saja, sebelum lahirnya stasiun Swasta TVRI sangat merajai. Semua acara mau gak mau ya harus di tonton, seperti laporan khusus yang kadang-kadang laporannya lawatan Suharto presiden kala itu, biasanya laporan khusus itu membosankan ditonton. Dan lagi laporan khusus kenapa juga ditaruh sehabis acara Dunia Dalam Berita.


Tapi dasar adanya satu-satunya tontonan ya pastinya mau gak mau ditonton.



Kangen juga nih dengan acara-acara TVRI. Era 80an sampai 80an akhir memang eranya TVRI. Kita pasti ingat dong acara TVRI kalau sehabis Dunia Dalam Berita plus prakiraan cuaca dan dilanjutkan dengan Tinjauan Acara untuk esok hari. Kalau acara favoritku biasanya ketoprak. Hehehe maklum Jawa Tengah biasanya kan ngikut TVRI stasiun Yogyakarta atau kemudian digantikan dengan TVRI Spk Semarang.


Gak lupa juga nih di TVRI ada film wajib, itu tuh film G 30 S PKI. Ini kan film wajibnya orde baru yang diputar tiap tahun di tanggal 30 September.



ANEKA RIA SAFARI



Ini dia acara tiap bulan minggu pertama pada malam minggu. Halah ribet amat nulisnya. Aneka Ria Safari ditayangkan tiap bulan dengan durasi 1 jam-an.

eS A eF A eR I ………. SAFARI begitu ketika acara dibuka…….


Aneka Ria Safari program besutan Edi Sud Almarhum dibilang mampu melambungkan artis-artis Safari. Program acara yang digunakan oleh penyanyi sebagai ajang promosi lagunya ini mampu menempatkan acara ini di hati pemirsa.


SAFARI demikian biasa di sebut bukanlah program video klip, akan tetapi mereka menyanyi di panggung Safari. Panggung yang dirancang khusus untuk acara tersebut, terlepas dari mereka nyanyinya lipsink atau enggak. Yang jelas penonton sehabis penyanyinya turun pastinya tepuk tangan……. Hehehe ramai lho…….


Kalau nih……. Sekali lagi kalau……. Waktu itu TVRI boleh beriklan, pasti deh acara ini ratingnya tinggi. Tapi saying belum ada iklan hehehe. Tapi kalau ada iklan juga…… capek deh nontonnya…….


FILM BONEKA SI UNYIL





Satu lagi, ini tontonan wajib anak-anak Indonesia setiap jam 9 pagi di hari minggu. Unyil, Ucrit, Usrok, Cuplis dan kawan-kawan akan menghibur pemirsa dengan di awali hom pim pa …… unyil kucing……. (unyil kucing ya……..)



Walaupun Unyil di format untuk memberikan informasi sebagai corong pemerintah, tapi tetap menghibur kok, dan ditunggu-tunggu kehadiranya.


Lain lagi pak Raden, boneka berkumis yang kerjaanya marah-marah karena pohon jambunya sering dicuri, Mbok Bariah penjual rujak yang kalo ngomongcempreng banget…….atau juga ada pak ogah yang selalu minta cepe’ dulu………


Seiring perkembangan dan lahirnya TV swasta menyebabkan unyil menghilang dari TVRI. Agaknya unyil dikalahkan oleh pesaingnya dari TV swasta, Doraemon dan kawan-kawan yang juga setia menemani setiap minggu pagi. Unyil buah produksi PPFN pun kemudian hilang dan tidak diketahui rimbanya.


Memang sih sempat diangkat kembali di layer RCTI dengan format baru. Bonekanya juga baru dan bukan terbuat dari kayu, tapi Unyil format baru justru tidak menarik, entah kenapa memang tidak menarik sama sekali, entah karena gayanya yang sudah berubah, atau karena jalan ceritanya yang memang juga berubah. Dari RCTI unyil kemudian habis deh masa tayangnya, dan sekarang Unyil hadir di Trans 7 dengan judul Laptop si Unyil. Kalau laptop si unyil sih gak ada teman-teman unyil, jadi gak ada unyil kucing lagi……


RIA JENAKA





Nah kalo ini Acara Minggu siang yang menjadi cirri khas TVRI jaman baheula. Ria Jenaka menghadirkan tokoh Punakawan Semar, Petruk, Gareng, Bagong plus Mono. Acara yang dihadirkan biasanya sih itu tuh memberikan informasi seputar kebijakan pemerintah yang sedang berlangsung.


Aku sendiri tidak terlalu suka nonton acara ini, akan tetapi lebih suka ketika nonton awal pembukaan Ria Jenaka dimana ada animasi Sembilan bocah yang kemudian di tangkap tangan dan diputer-puter kemudian dibuka keluarlah tulisan Ria Jenaka…..


Antara Aneka Ria Safari, Unyil dan Ria jenaka memiliki karakter tersendiri di hati masyarakat, akan tetapi ketiga acara tersebut layak di acungi jempol, karena itulah ikon TVRI, Ikon TV public yang tidak hanya mengumbar sinetron-sinetron mimpi, akan tetapi TVRI yang mampu memberikan informasi dan peran-peran moral serta hiburan yang murah bagi pemirsanya………


Salam unyil kucing……….


11 comments:

  1. aku mau ria jenaka kembali tayang, kan seru tuh buat budaya bangsa juga...
    ketoprak humor kalo bisa jangan tayang tengah malam
    udah ngantuk tunggunya

    ReplyDelete
  2. matur nuwun untuk apresiasinya. kami akan terus berjuang demi ke-bhinnekaan dan budaya bangsa

    ReplyDelete
  3. wah, kalau ingat acara dulu terasa sekali kangennya walau hanya satu siaran yaitu TVRI tapi itu sudah sangat menghibur. yang aku ingat pada acara TVI selaian Ria Jenaka, Safari, selekta pop, dunia dalam berita, dari gelangang ke gelangang trus berita terakhir adalah film Raksasa cuma lupa nama filmnya habis masih kecil. bisa tidak ya TVRI memunculkan kembali acara2 tersebut untuk mengobati kerindauan walau cuma layar hitam-putih.

    Jejakandromeda's said :
    Yup, memang sih sekarang acaranya sudah berbeda dibanding jaman dulu, yang berasa banget hilang mungkin adalah Film Cerita Akhir Pekan, yang sekarang sudah gak ada lagi, padahal kan dulu ditunggu-tunggu tuh tiap malem minggu. Abis hanya itu hiburannya. Wah waktu kecil nih ceritanya aku ikutan nonton Film Cerita Akhir Pekan di TV, aku kan masih bocah, nah kakakku perempuan tuh lagi pacaran... akunya pura-pura gak nonton deh filmnya....

    ReplyDelete
  4. iya tuh bener acara acara itu kudu di putar ulang untuk mengenag masal kecil kita dulu. oh ..iya mo tanya nih ada yang tahu tidak nama acaranya Pak Tino Sidin yg acaranya adanya di sore hari setelah acaranya Bu Kasur kalo gak salah..!!! acara ini bagus buat anak anak sekarang karena sangat mendidik, coba saja di studio TVRI pas acara itu di suruh menggambar sebisanya trus di tampilin di depan kamera, walau gambarnya jelek dan mewarnainya blepetan tatap saja pak Tino Sidin bilannya " Bagus". nah karena itulah saya selalu suka nonton acara ini selain acaranya Bu Kasur. ada yang tahu apa nama acara tersebut...??????

    Jejakandromeda's said :
    Benar sekali pak... acara TVRI dulu bagus-bagus. Untuk acara Pak Tino sidin aku inget banget tuh dulu gambar lilin, sampe sekarang aku ikutin tuh cara-caranya. lewat layar kaca Hitam Putih dulu saya nonotnnya mah....

    ReplyDelete
  5. Wah,senang banget, klo ingat safari,hati terasa terbuai.aku masih ingat tuh rinto harahap lagi nyanyi ama nia danyati.kapan ya tvri menayangkan acara itu lagi? Moga tvri mau tuh.

    ReplyDelete
  6. bagus tu...kalau bisa aneka ria safari ditayangkan kembali di TVRI

    ReplyDelete
  7. ass.wr.wb semoga kalian sehat senantiasa dalam lindungan allah s.a.w memang TVRI dulu menjangkau seluruh nusantara dan acaranya terbatas tidak sampai 24 jam acara yang saya nanti dari sehabis dunia dalam berita yaitu aneka ria safari itupun tidak tiap hari lagu-lagu anyar akan di tampilkan seingat saya ,tv kebanyakan masih hitam putih itupun saya masih nonton di tetangga satu kampung saja masih bisa di hitung dengan jari yang punya TV ya kaiau sekarang yang tidur kolong jembatan saja ada yang punya TV dulu yang punya TV saya anggap kaya memang perkembangan jaman seiring tehnologi digital banyak bermunculan TV swasta dan acaranya bagus-bagus otomatis lambat laun TVRI kalah bersaing ya memang perkembangan jaman ya tidak bisa di pungkiri dan sekian saja ya. wassallam

    ReplyDelete
  8. sy brhrp unyil bisa tayang lagi, biar lah walau film2 jadulnya, yg penting isi pesannya. masalah gak up to date dg jaman skrng itu trgntung pemirsa yg mnilai, yg jelas acara ii layak u/ anak2 Indonesia :)

    ReplyDelete
  9. coba tvri nyiarin wayang kulit. klo bisa sampai selesai, sebulan sekali jg sudh pasti di tunggu-tunggu. jgn cm sarwo-sarwi pedalangan. nanggung ceritanya.....

    ReplyDelete
  10. ada ga ya film ftv di tvri Ombak-ombak Putih dan Dibalik Dinding Kaca,,,klo ada tolong link ya!!

    ReplyDelete
  11. biar jadul tapi acara tvri dulu tetap top margotop lahh..

    ReplyDelete