Thursday, November 6, 2008

China Open Super Series 2008; Pemain Indonesia Absen

Setelah empat super series dilalui pasca Olimpiade yakni Jepang Super Series, China Master Super Series, Denmark Super Series dan terakhir Prancis Super Series yang tanpa di ikuti pemain-pemain top negeri ginseng Korea Selatan, kini giliran Indonesia yang tidak ambil bagian di turnamen China Super Series 2008. Sebaliknya pemain Korea tampil dengan penuh kekuatannya setelah lama berdiam diri di kandang.

China Super Series yang akan berlangsung 18-23 November 2008 tidak dihadiri oleh para pemain Indonesia. Selain karena untuk beristirahat, salah satu penyebabnya adalah karena sedang ada hajatan besar di tubuh PBSI yaitu pemilihan ketua umum. Secara peringkat akibat tidak turunnya pemain Indonesia jelas ini merugikan karena China Super Series adalah salah satu ajang super series dua terakhir di akhir tahun ini sebelum Hongkong Super Series yang akan berlangsung pekan berikutnya.

Dari drawing yang dirilis BWF 4 November kemarin, di China super Series hanya menempatkan satu wakil di tunggal putra yakni Taufik Hidayat. Akan tetapi melihat situasi dan kondisi di tubuh PBSI kemungkinan Taufik Hidayat juga batal berangkat.

Meski tanpa hadirnya pemain Indonesia, akan tetapi hasil yang ditorehkan di 4 turnamen super series sebelumnya Indonesia secara keseluruhan memberikan hasil yang memuaskan jika di lihat dari prestasi tahun 2007.

Sementara itu dilihat dari drawing yang rilis 4 November 2008, pemain-pemain China mendominasi papan unggulan hampir disemua nomor. Di ganda putra pasangan Fu Haifeng/Cai Yun kembali berpasangan setelah di pisah di Denmark dan Prancis Super Series, menempati unggulan pertama. Ditunggal putra unggulan pertama masih dipegang oleh Lee Chong Wei (MAS) disusul kemudian  Lin Dan, Chen Jin dan Bao Chun Lai yang masing-masing menempati unggulan 2, 3 dan 4.

Di tunggal putri Lu Lan menempati unggulan ke 2 setelah sebelumnya Zhou Mi yang berhasil bercokol di peringkat pertama dunia menempati unggulan ke 1. Sementara di ganda putri Du Jing/Yu Yang masih terlalu tangguh untuk digeser peringkatnya dan menempati di unggulan ke 1. Secara keseluruhan, kemungkinan hanya Korea Selatan saja yang akan menjadi batu sandungan bagi tim China untuk dapat menyapu bersih juara.

No comments:

Post a Comment