Monday, September 15, 2008

Jelang Yonex Japan Open Super Series 2008


Yonex Japan Open Super Series 2008 adalah kalender Super Series pertama pasca Olimpiade Beijing 2008. Setelah di Chinese Taipei Open GP Gold para pemain top dunia absent, kini di Jepang Super Series meski masih diikuti oleh pemain-pemain top dunia akan tetapi pemain top China absent di turnamen ini. Mereka lebih difokuskan pada China Master Super Series yang akan berlangsung dari tanggal 23 – 28 September 2008. Sementara itu Indonesia di turnamen ini menurunkan pasukannya dengan kekuatan penuh. Peluang untuk mendapatkan gelar di turnamen ini juga besar.



TUNGGAL PUTRA



Sony Dwi Kuncoro


Sony Dwi Kuncoro yang merupakan unggulan ke2 berada di pool bawah. Di babak pertama Sony ditantang pemain India Anup Sridhar. Jika Sony mampu mengatasi permainan Anup, di babak kedua kemungkinan akan bertemu Lee Tsuen Seng. Sony harus berhati-hati jika ingin memenangkan permainan ini, karena Lee termasuk pemain yang ulet. Jika lolos dari babak kedua, di perempat final Sony kembali akan bertemu dengan Bonsaak Ponsana(THA) yang dikalahkan di babak pertama Olimpiade. Sebenarnya Sony dan Bonsak sudah saling mengalahkan hanya siapa yang siap dia yang akan menang. Jika Lolos perempat final maka di semifinal kemungkinan akan bertemu dengan Peter Heog Gade untuk selanjutnya di final bertemu dengan Lee Chong Wei (MAS) yang pada perempat final Olimpiade kemarin Sony dibuat tidak berkutik.



Taufik Hidayat


Diunggulkan di tempat ke 4, di babak pertama Taufik akan berhadapan dengan Ng Wei (HKG). Prestasi Taufik yang kian menurun kini di uji di Japan Open Super Series. Ng Wei adalah pemain yang cukup bagus, sehingga jika ingin lolos dari Ng Wei Taufik harus bermain taktis. Di babak kedua kemungkinan Taufik akan bertemu dengan pemain Denmark Jan O Jorgensen. Jika mampu lolos dari babak kedua, di perempat final sudah menunggu Shoji Sato(JPN) atau malah dengan rekan senegaranya Tommy Sugiarto. Jika mampu lolos di perempat final, disemifinal sudah menunggu Lee Chong Wei (MAS).



Simon Santoso


Pemain asal Tegal yang juga runner up Djarum Indonesia Open Super Series 2008 ini dibabak pertama masih menunggu pemain asal kualifikasi. Simon di prediksi akan mulus melangkah ke perempat final untuk bertemu dengan Lee Chong Wei (MAS). Jika langkah Simon mulus dan mampu mengatasi Chong Wei, disemifinal Simon akan berhadapan dengan Taufik Hidayat. Jika sekenario ini berjalan mulus, maka masih ada kesempatan untuk menciptakan All Indonesian final.



Tommy Sugiarto


Tommy Sugiarto pemain yang tidak diunggulkan diturnamen ini berhasil melangkah kebabak utama tanpa harus bersusah payah di kualifikasi setelah absennya pemain top asal China. Dibabak pertama Tommy akan bertemu dengan Kendrick Lee (SIN). Semoga saja di turnamen ini Tommy mampu membuat kejutan dengan melangkah kebabak berikutnya.



Alamsyah Yunus


Pemain muda pelatnas yang berhasil membuat kejutan di Indonesia Open Super Series dengan melangkah kebabak 8 besar ini di babak pertama akan ditantang oleh pemain Taiwan Yu Hsin Hsieh. Menghadapi Yu Hsin Hsieh kemungkinan Alamsyah akan mampu mengalahkannya dan melaju ke babak berikutnya.



TUNGGAL PUTRI


Maria Kristin Yulianti


Pemain debutan asal klub Djarum ini di babak pertama harus berjibaku dengan rekan sepelatnasnya Firdasari. Siapapun yang menang di babak pertama, dialah yang siap. Di babak kedua Maria ditantang Wong Mew Choo (MAS). Pemain Unggulan 5 asal Malaysia ini menjadi batu sandungan Maria untuk bisa lolos kebabak ketiga. Jika Maria mampu mengalahkan Wong Mew Choo, maka di babak perempat final kemungkinan akan bertemu Lu Lan (China) unggulan pertama yang pernah dikalahkan di Indonesia Open 2007 dan di perebutan Medali Perunggu Olimpiade 2008. Akankah Maria mampu membuat kejutan lagi? Kita tunggu saja.



Adriyanti Firdasari


Menghadapi Maria di babak pertama, Firda harus bermain agresif untuk bisa melangkah kebabak kedua. Firda yang langsung tumbang di babak pertama Taiwan Open pekan lalu ini diharapkan mampu memberikan kejutan di turnamen ini.



Pia Zebadiah


Pemain yang merupakan adik kandung pebulutangkis Markis Kido ini gaya permainannya mengingatkan pada Mia Audina. Di turnamen Yonex Japan Open Super Series 2008 Pia langsung melangkah kebabak utama. Di babak pertama Pia akan bertemu dengan pemain muda China Wang Lin. Peluang masih fifty-fifty. Dibabak kedua batu sandungan sudah menanti Pia yaitu unggulan kedua asal Denmark Tine Rassmussen. Melihat sepak terjang Tine selama ini agaknya akan terlalu berat buat Pia untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Langkah Pia kemungkinan akan terhenti disini.



GANDA PUTRA


Markis Kido/Hendra Setiawan


Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini menjadi unggulan pertama di prediksi akan melangkah mulus hingga ke semifinal.


Mendapat Bye di babak pertama, di babak kedua Markis/Hendra akan bertemu dengan pemenang antara Songphon Anugritayawon/Tesana Panvisvas (THA) vs Gun Woo Cho/Yeon Seong Yoo (KOR). Lolos kebabak ketiga Markis/Hendra kemungkinan akan bertemu ganda putra Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan (INA) untuk memperebutkan tiket ke semifinal. Jika mulus di semifinal Markis/Hendra kemungkinan besar akan bertemu dengan M Zakry /M Fairuzizuan (MAS). Menghadapi ganda putra asal Malaysia yang sedang naik daun Markis/Hendra harus berhati-hati untuk bisa lolos ke final. Di final Markis/Hendra kemungkinan akan bertemu dengan Tony Gunawan (USA)/Candra Wijaya (INA) dan diharapkan mampu menjuarai turnamen ini.`



Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan


Menjadi unggulan ketujuh Yoke/Rian harus mengalahkan pasangan ganda putra Inggris Robert Adcock/Robin Middleton dibabak pertama. Jika lolos Yoke/Rian akan berhadapan dengan pasangan ganda putra asal Jepang antara Hiroyuki Endo/Kazuzhi Yamada vs Hiroyuki Saeki/Yuta Yamasaki. Kemungkinan langkah Yoke/Rian akan terhenti di babak perempat final oleh ganda putra nomor satu dunia Markis Kido/Hendra Setiawan.



Muhammad Ahsan/Bona Septono


Ganda putra pelatnas ini di babak pertama di tantang oleh pemain muda asal Korea (Sung Hyun Ko/Yi Goo Kwon. Tipe permainan pemain Korea adalah ulet dan menyerang, sehingga untuk bisa mengimbanginya pasangan ganda putra Indonesia tersebut harus bermain menyerang. M Ahsan/Bona Septono kemungkinan akan terhenti langkahnya di babak kedua oleh ganda putra Malaysia Mohd Zakry/Mohd Fairuzizuan.



Hendra A Gunawan/Joko Riyadi


Ganda putra pelatnas lainnya yang dikirim di turnamen ini adalah Hendra A Gunawan/Joko Riyadi. Tantangan di babak pertama He Hanbin/Ye Shen. Kemungkinan pasangan ini mampu melewati rintangan pertama. Di babak kedua Hendra/joko akan ditantang pemenang antara Chris Adcock/Robert Blair (ENG) vs Kuei Chun Shih/Yu Hsin Hsieh (TPE). Jika lolos di babak kedua dan melangkah kebabak ketiga akan bertemu bertemu dengan ganda kuat Denmark yang merupakan unggulan kedua Lars Paske /Jonas Rasmussen. Jika Mulus di semifinal akan bertemu ganda veteran Indonesia/USA Candra/Tony.



GANDA PUTRI


Pasca dirombaknya pemain ganda putri, Indonesia mewakilkan dua wakilnya di Japan Open Super Series 2008.



Vita Marissa/Lilyana Natsir


Ganda putri nomor satu Indonesia tersebut menjadi unggulan kedua di turnamen ini. Di babak pertama Vita/lilyana mendapatkan bye dan langsung melangkah kebabak kedua yang akan bertemu dengan ganda putri tuan rumah Yasuyo Imabeppu/Shizuke matsuo. Di babak perempat final kemungkinan Vita/Lilyana akan bertemu dengan pasangan Yu Chin Chien/Chie Chi Chou (TPE). Vita/Lilyana di prediksi akan melangkah dengan mudah hingga ke final. Di final kemungkinan besar akan bertemu dengan ganda putri Jepang yang merupakan unggulan pertama Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.



Nitya Krishinda / Greysa Polii


Pasca di pisahkan dengan Jo Novita ini adalah turnamen pertama yang di ikuti oleh Nitya/Greys. Mendapat bye di babak pertama, di babak kedua pasangan baru tersebut kemungkinan akan bertemu dengan pasangan Jepang Yui Nakahara/Aya Wakisaka. Nitya/Greys akan menemui batu sandungan di babak perempat final ketika berhadapan dengan ganda putri unggulan pertama Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna.



GANDA CAMPURAN


Indonesia menempatkan 3 wakilnya di nomor ini.


Nova Widianto/Lilyana Natsir


Nova/Lilyana mendapatkan bye di babak pertama dan langsung melangkah kebabak kedua. Di babak kedua Nova/lilyana akan menjajal kemampuan pemenang antara Chris Langridge/Sarah Bok (ENG) Vs Junje Sun/Qing Tian (CHN). Diatas kertas Nova/Lilyana mampu mengatasi perlawanan mereka dan melaju dengan mulus keperempat final. Sayang sekali di perempat final kemungkinan besar Nova/Lilyana akan bertemu dengan pasangan baru Flandy/Greys. Jika sekenario ini mulus, makan Indonesia dipastikan menempatkan satu wakilnya di semifinal. Nova/Lilyana di prediksi akan terus melaju ke final dan berhadapan dengan pasangan Sudket/Saralee (THA) atau pasangan baru asal Indonesia M Rijal/Vita Marissa.



Flandy Limpele/Greysa Polii


Meski baru dipasangkan akan tetapi Flandy/Greys menjadi unggulan ke 5. Inilah kelebihan dari turnamen super series dimana peringkat di dasarkan atas perolehan poin diri sendiri meski baru dipasangkan. Biasanya pasangan lambat dalam penguasaan lapangan, akan tetapi Flandy/Greys yang mendapatkan bye di babak pertama ini seharusnya mampu mengatasi persoalan tersebut dan langsung tune in. Dibabak kedua Flandy/Greys di prediksi akan bertemu Khim Wah Lim/Wong Pei Tty (MAS). Sayang sekali di perempat final mereka harus berjibaku dengan rekan sepelatnasnya Nova/Lilyana untuk memperebutkan tiket semifinal.



M. Rijal/Vita Marissa


Setelah di pisah dari pasangan terdahulunya Greysa Polii, kini M. Rijal dipasangkan dengan Vita Marissa. M Rijal/Vita mendapat keuntungan langsung berlaga di babak kedua setelah dibabak pertama mendapatkan bye. Dibabak kedua Rijal/Vita akan ditantang pasangan Inggris, pemenang antara Chis Adcock/Gabriell White atau Robin Middleton/Jenny Wallwork. Jika mampu mengatasi permainan pasangan Inggris tersebut kemungkinan di perempat final akan bertemu pasangan Sudket Prapkamol/Saralee Thoungtongkam(THA). Semoga saja pasangan ini mampu melaju ke babak final . Amien

2 comments:

  1. tau darimana sih, semua jadwal en keterangan2 lengkap tentang turnamen2 bulutangkis? bagi bagi dong..

    ReplyDelete
  2. Mudah2an INA plng dg semua gelar ya ada.kl da berita terbarunya kasih tahu ya.

    ReplyDelete