Saturday, January 10, 2009

Indonesia Pastikan satu Tempat di Final; Tunggal Putra Indonesia Gagal ke Semifinal

Indonesia memastikan diri menempatkan satu wakilnya di final Malaysia Super Series di nomor ganda putra setelah pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan dan Alvent Yulianto/Hendra A Gunawan melangkah kesemifinal. Kedua pasangan tersebut akan berebut tiket final di semi final. Pasangan ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan melangkah kesemifinal setelah memupus harapan ganda putra Indonesia non pelatnas Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya dalam dua set langsung. Markis/Hendra bermain agresif sehingga mampu memenangkan pertandingan dengan 21-16 dan 21-18. Sementara itu ganda putra Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan melangkah ke semifinal setelah mengandaskan permainan ganda putra Cho Gun Woo/Yo Seon Yeong (KOR) dengan 21-19 dan 21-17. Meski baru berpasangan, akan tetapi pasangan Alvent/Hendra sudah mulai padu dalam permainan sehingga ia berhasil melangkah hingga semifinal.

Disemifinal nanti pasangan tersebut akan berjibaku untuk mendapatkan tiket final. Di ganda campuran, satu-satunya pemain Indonesia yang tersisa Nova Widianto/Lilyana Natsir juga melangkah ke semifinal. Nova/Lily melangkah kesemifinal setelah mengalahkan ganda campuran Chen Hung Ling/Chou Chia Chi (TPE) dalam dua set langsung dengan 21-18 dan 21-11. DIsemifinal Nova/Lily akan ditantang oleh pemain Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christina Pedersen yang di perempat final mengalahkan ganda campuran tuan ruma Koo Kien Kiet/Hui Lin NG dengan 21-9 dan 21-12. Menghadapi pasangan Denmark peluang Nova/Lily tetap besar meski harus hati-hati karena kerap kali di poin kritis pasangan Indonesia tersebut grogi sehingga harus menelan kekalahan.

Sukses yang sama juga diraih oleh ganda putri Shendy Puspa Irawati/Meilina Jauhari yang melangkah kesemifinal setelah menjungkalkan pemain pelatnas Vita Marissa/Lilyana Natsir dengan dua set langsung. Pencapaian Shendy/Meilina ke semifinal menyamai penampilannya ketika berhasil ke semifinal di Indonesia Super Series 2008 di Jakarta tahun silam. Shendy/Meilina menekuk pasangan Vita/Lily dengan 21-18, 24-22. Disemifinal Shendy/Meilina akan bertemu dengan Yang Wei/Zhang Jie Wen (CHN) yang merupakan pasangan kuat. Peluangnya masih fifty-fifty untuk dapat melangkah ke final, akan tetapi dengan postur yang tinggi pasangan Shendy/Meilina kemungkinan bisa mengimbangi permainan pasangan China tersebut.

Keberhasilan di ganda putra putri dan ganda campuran sayang sekali tidak diikuti oleh tunggal putra Indonesia. Tunggal putra Indonesia harus menyerah di perempat final. Simon Santoso kalah dari unggulan pertama Lee Chong Wei(MAS). Meski sempat memberikan perlawanan dan mampu memaksakan rubber set, akan tetapi diset ketika Simon tidak mampu mengembangkan permainan sehingga Simon harus mengakui keunggulan Lee Chong Wei dengan 15-21, 21-16 dan 11-21. Kegagalan juga diraih Sony Dwi Kuncoro yang secara mengejutkan menyerah dari tangan Hsieh Yu Shin (TPE) dalam dua set langsung. Meski di tahun 2008 prestasi Sony terbilang bagus, akan tetapi belum bisa konsisten sehingga harus menyerah dari tangan pemain yang non unggulan.Sony menyerah dengan 15-21 dan 20-22.

Sementara itu tuan rumah Malaysia hanya menempatkan satu wakilnya disemifinal melalui Lee Chong Wei setelah wakil-wakilnya tumbang dibabak perempat final.

No comments:

Post a Comment