Tuesday, May 13, 2008

TIM THOMAS & UBER CUP INDONESIA KE PEREMPAT FINAL


Indonesia berhasil memimpin grup. Tim Thomas yang masuk di Grup D 12/5 2008 berhasil membukukan kemenangan 5-0 atas Jerman dan otomatis menjadi juara grup yang membawanya ke perempat final yang akan berlangsung 14 Mei 2008. Demikian pula dengan srikandi merah putih yang menekuk Belanda 5-0 dan memimpin grup Z berhasil melaju ke perempat final dan sekaligus terhindar dari tim tangguh China.
Pada perempat final tim Thomas Indonesia menunggu lawan yang yang akan di pertandingkan hari ini antara Inggris vs Nigeria. Sedangkan tim uber menunggu lawan yang hari ini baru bertanding antara Hongkong vs USA.

Perjalanan tim thomas Indonesia melawan Jerman pada laga kedua kemarin berlangsung cukup seru. Diawali oleh Sony vs Marc Zwiebler. Dari awal set Sony telah memegang kendali dan terus melaju sehingga poin pertama untuk Tim Thomas merah putih diraih dengan skor 21-10 21-11.
Pada partai kedua yang mempertemukan ganda nomor satu Indonesia melawan Roman Spitko/Michael Fuchs. Diawal set permainan Markis/Hendra tidak berkembang dan dimentahkan lawan. kejar mengejar angka pun sangat ketat. Set pertama di tutup 18-21 untuk Indonesia. Ketinggalan satu set dari permainan lawan, pada set kedua Markis/Hendra merubah pola permainan dan memimpin pertandingan dengan skor 21-12. Pada set penentuan Markis Hendra menang mudah atas lawannya 21-7. Keadaan berubah menjadi 2-0 untuk Tim Thomas.

Pada partai ketiga yang menyandingkan Taufik Hidayat vs Dieter Domke yang berlangsung selama 24 menit kembali dimenangkan oleh tim Thomas dengan skor 21-10 21-16. Taufik masih terlalu tangguh untuk tunggal kedua Jerman.
Berbeda dengan hari pertama yang menurunkan Joko/Hendra di ganda kedua, maka pada laga kedua kemarin Indonesia menurunkan ganda ketiga Candra/nova. Permainan candra/nova yang sudah tidak muda lagi mendapat perlawanan ketat dari Tim Dettmann/Johannes Schoettler. Permainan di tutup untuk kemenangan Candra/Nova dengan skor 21-17 21-17. Pada partai kelima yang sudah tidak menentukan lagi Simon Santoso berhadapan dengan Sven eric Kastens. dan kemenangan mudah dirain oleh Simon dengan 21-14 21-11 yang melengkapi kemenangan tim thomas dengan 5-0 sekaligus membawa tim thomas ke perempat final.

Pada gelaran uber yang menyandingkan Indonesia vs Belanda, dukungan penonton mampu membakar semangat srikandi-srikandi Indonesia yang berlaga. Teriakan dan yel-yel dukungan ke maria misalnya merupakan teriakan yang mampu mendorong semangat.
Pada partai pertama yang mempertandingkan Maria Kristin Vs Rachel Van Custen, dari awal set Maria selalu memimpin perolehan angka dengan sangat mudah. Memang terjadi beberapa kali protes yang dilakukan oleh kubu Belanda karena merasa dirugikan oleh hakim garis. akan tetapi kualitas permainan Maria memang diatas Rachel. Sehingga Rachel pun harus mengakui keunggulan Maria dengan skor 21-7 21-14.

Pada Partai kedua yang mempertemukan ganda putri pelatnas nomor dua saat ini Jo Novita/Greysia Polii vs Eefje Musken/Iise Vaessen pertandingan berlangsung seru. Smas-smash yang dilakukan Jo maupun Greys mampu membawa penonton untuk terus menyemangati dengan teriakan-teriakan yang membakar semangat. Pada set pertama di tutup dengan 21-11. Ketinggalan di set pertama membuat posisi Eefje/Iise mengubah permainan dan mampu mengimbangi permainan Jo/Greys meski tetap tidak bisa memimpin perolehan angka. Dan set kedua di tutup 21-18 untuk Jo Greys yang membuat tim uber unggul 2-0 atas Belanda.

DiPartai ketiga yang mempertemukan tunggal kedua Indonesia Adriyanti Firdasari vs Patty Stolzenbach kendali permainan dipegang oleh Firda. Meski sempat ketinggalan angka akan tetapi Firda mampu bangkit dan terus memimpin sehingga menutup pertandingan dengan straight set 21-15 21-14.
Pada partai ke empat yang sudah tidak mentukan lagi diturunkan Lilyana Natsir/Vita Marissa vs Paulien Van Dooremalen/Rachel Van Cutsen. Diatas kertas Lilyana/Vita bukanlah lawan Paulien/Rachel. Akan tetapi justru permainannya tidak menarik karena lawan yang dihadapi tidak sekelas Vita/Lilyana. Permainannya datar-datar saja dan ditutup dengan skor 21-11 21-11 yang hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Partai kelima Pia Zebadiah vs Yik Man Wong. Pia yang terkenal dengan gayanya yang ngotot mampu melibas Yik Wong 21-13 21-12 dan melengkapi kemenangan tim uber menjadi 5-0.

Pada perempat final yang akan berlangsung besok 14/5 2008 tim Uber kemungkinan akan bertemu Hongkong dan tim Thomas kemungkinan akan bertemu Inggris.
Tim Uber jika melawan hongkong harus berhati-hati jika ingin terus melaju ke semifinal. Yang perlu di waspadai adalah tunggal pertama hongkong Yip Pui Yin yang permainannya sangat ulet. Tapi apapun hasilnya kalau di lihat drawingnya Indonesia akan mampu melaju ke semi final bahkan ke final.

Untuk Tim Thomas agaknya jalannya akan lebih mudah karena terhindar dari malaysia dan China. Akan tetapi tetap perlu di waspadai tim Thomas Denmark yang berhasil mengalahkannya di semifinal 2004 lalu di Jakarta. Juga Tim Thomas korea yang mempunyai pasangan ganda putra yang sedang naik daun. Lee Jae Jin/Jung Jae Sung.

No comments:

Post a Comment